Kisi-Kisi Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

Oleh SBS



 Kisi-Kisi Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk memberikan kebebasan dan fleksibilitas dalam proses pembelajaran di sekolah. Kurikulum ini menekankan pada penguatan kompetensi siswa melalui pendekatan yang lebih adaptif dan menyeluruh. Salah satu mata pelajaran yang sangat penting dalam kurikulum ini adalah Bahasa Indonesia. Bagi siswa kelas 9, semester ganjil dalam kurikulum merdeka menjadi tantangan tersendiri, karena mereka tidak hanya mempelajari keterampilan berbahasa, tetapi juga menyusun dan menyampaikan ide secara efektif melalui berbagai jenis teks.

I. Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

Tujuan utama dari pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 9 semester ganjil ini adalah untuk mengembangkan keterampilan berbahasa yang mencakup empat aspek utama, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Selain itu, tujuan lainnya adalah agar siswa dapat memahami dan menghasilkan berbagai teks, baik lisan maupun tulisan, dengan mempertimbangkan konteks sosial budaya dan aturan kebahasaan yang berlaku.

Dalam kurikulum Merdeka, penilaian dilakukan dengan pendekatan yang lebih kontekstual dan berfokus pada pencapaian kompetensi siswa. Hal ini mencakup kemampuan dalam:

  1. Memahami dan menginterpretasikan teks bacaan.
  2. Menyusun dan menyampaikan teks secara jelas dan efektif.
  3. Berpartisipasi aktif dalam diskusi dan percakapan.
  4. Menulis teks dengan kaidah bahasa yang baik dan benar.

Kisi-Kisi ASAS Ganjil Bahasa Indonesia Kelas IX Kurmer...ada DI SINI!

II. Materi yang Diajarkan pada Semester Ganjil

Pada semester ganjil, siswa kelas 9 akan mempelajari berbagai jenis teks dan keterampilan berbahasa yang meliputi:

  1. Teks Deskripsi: Teks ini berfungsi untuk menggambarkan suatu objek, tempat, atau orang dengan cara yang jelas dan detail. Siswa akan diajarkan untuk menulis teks deskripsi dengan memperhatikan penggunaan kata sifat, perbandingan, dan perincian yang dapat menggambarkan objek yang dimaksud.

  2. Teks Narasi: Teks ini berkaitan dengan cerita atau urutan peristiwa yang dapat berupa kisah fiksi maupun nonfiksi. Teks narasi meliputi cerita pendek, cerita rakyat, atau bahkan pengalaman pribadi yang disusun dengan struktur orientasi, komplikasi, dan resolusi.

  3. Teks Eksposisi: Teks eksposisi bertujuan untuk menjelaskan atau menguraikan suatu informasi dengan jelas dan sistematis. Siswa akan mempelajari cara menyusun teks eksposisi yang efektif untuk memberikan penjelasan mengenai suatu topik.

  4. Teks Argumentasi: Teks ini bertujuan untuk meyakinkan pembaca atau pendengar dengan menggunakan argumentasi yang logis dan berbasis fakta. Di dalamnya siswa diajarkan untuk menyusun argumen yang kuat serta memberikan contoh dan bukti yang mendukung.

  5. Teks Prosedur: Teks ini memberikan petunjuk atau langkah-langkah untuk melakukan suatu aktivitas. Siswa akan mempelajari cara menulis teks prosedur yang jelas dan mudah diikuti.

  6. Teks Surat Resmi dan Surat Pribadi: Surat resmi digunakan untuk komunikasi formal, sementara surat pribadi lebih bersifat personal. Kedua jenis surat ini diajarkan untuk memahami struktur dan kaidah penulisannya.

III. Kisi-Kisi Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester Ganjil

Kisi-kisi soal merupakan gambaran atau petunjuk tentang materi yang akan diuji dalam ujian atau penilaian. Dalam kurikulum Merdeka, soal dirancang untuk mengukur sejauh mana siswa menguasai kompetensi yang telah diajarkan dalam proses pembelajaran. Berikut adalah contoh kisi-kisi soal Bahasa Indonesia untuk kelas 9 semester ganjil berdasarkan materi yang telah dijelaskan di atas.

1. Keterampilan Membaca

Soal membaca berfokus pada kemampuan siswa untuk memahami teks yang telah dibaca. Berikut adalah beberapa contoh kisi-kisi soal dalam keterampilan membaca:

  • Memahami isi teks: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk menemukan informasi penting dalam teks. Misalnya, soal mengenai teks narasi, siswa diminta untuk menemukan tokoh utama, latar belakang cerita, atau pesan moral yang ada dalam teks.
  • Menganalisis struktur teks: Siswa akan diminta untuk mengenali struktur teks, misalnya dalam teks eksposisi, siswa harus dapat mengidentifikasi tesis, argumentasi, dan penegasan ulang.
  • Mengidentifikasi kata kunci: Dalam teks deskripsi, soal ini menguji kemampuan siswa untuk menemukan kata-kata yang menggambarkan objek dengan jelas.

2. Keterampilan Menulis

Soal menulis menguji kemampuan siswa untuk menyusun teks dengan memperhatikan struktur dan kaidah bahasa yang benar. Berikut adalah beberapa contoh soal menulis:

  • Menulis teks deskripsi: Siswa diminta untuk mendeskripsikan suatu objek atau tempat dengan menggunakan kata-kata yang jelas dan detail. Soal ini menguji kemampuan siswa dalam menggunakan kata sifat dan kalimat deskriptif.
  • Menulis teks narasi: Soal ini meminta siswa untuk menulis cerita berdasarkan tema tertentu, dengan memperhatikan urutan peristiwa dan pengembangan karakter yang baik.
  • Menulis teks prosedur: Siswa diminta untuk menulis langkah-langkah yang jelas dan terurut mengenai suatu kegiatan atau proses.

3. Keterampilan Berbicara

Keterampilan berbicara berfokus pada kemampuan siswa untuk menyampaikan ide atau informasi secara lisan. Soal ini dapat berupa:

  • Dialog atau percakapan: Siswa diminta untuk melakukan percakapan dengan teman sekelas, menggunakan bahasa yang baik dan sesuai konteks. Soal ini menguji kemampuan siswa dalam berkomunikasi dan menggunakan ekspresi yang tepat.
  • Menyampaikan argumentasi: Siswa diberi suatu topik dan diminta untuk memberikan pendapat dengan alasan yang logis dan jelas. Soal ini menguji kemampuan berbicara yang persuasif.

4. Keterampilan Mendengarkan

Soal mendengarkan menguji kemampuan siswa untuk memahami informasi yang disampaikan melalui percakapan atau narasi lisan. Contoh soal mendengarkan:

  • Memahami informasi penting dalam percakapan: Siswa diminta untuk mendengarkan percakapan dan kemudian menjawab soal yang menguji pemahaman mereka terhadap informasi yang disampaikan.
  • Menangkap makna kata atau ungkapan: Siswa mendengarkan teks atau percakapan dan diminta untuk memahami makna kata atau ungkapan yang digunakan dalam konteks tersebut.

5. Pengetahuan Kebahasaan

Soal ini berkaitan dengan pemahaman siswa terhadap kaidah bahasa Indonesia, baik dari segi tata bahasa maupun kosakata. Soal ini mencakup:

  • Penggunaan kata baku dan tidak baku: Soal menguji kemampuan siswa untuk membedakan antara kata baku dan tidak baku dalam kalimat.
  • Tata bahasa dan kalimat efektif: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk menggunakan kalimat yang efektif dan sesuai dengan struktur yang benar.
Kisi-Kisi ASAS Ganjil Bahasa Indonesia Kelas IX Kurmer...ada DI SINI!

IV. Penilaian dan Evaluasi

Penilaian dalam kurikulum Merdeka tidak hanya terfokus pada nilai akhir, melainkan juga pada proses belajar siswa. Oleh karena itu, selain melalui ujian atau tes tertulis, penilaian juga dilakukan melalui observasi, tugas, dan proyek yang melibatkan kemampuan siswa dalam berkolaborasi dan berpikir kritis.

Soal-soal yang disusun haruslah relevan dengan kompetensi dasar dan indikator pencapaian yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk merancang soal yang tidak hanya mengukur kemampuan siswa dalam menghafal, tetapi juga kemampuan untuk memahami dan menerapkan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari.

V. Kesimpulan

Kisi-kisi soal Bahasa Indonesia untuk kelas 9 semester ganjil dalam kurikulum Merdeka bertujuan untuk mengukur berbagai kompetensi yang telah diajarkan, mulai dari keterampilan membaca, menulis, berbicara, hingga mendengarkan. Melalui pendekatan yang lebih holistik, kurikulum Merdeka memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan berbahasa dengan cara yang lebih menyenangkan dan kontekstual. Dengan pemahaman yang mendalam tentang kisi-kisi soal ini, siswa diharapkan dapat lebih siap menghadapi ujian dan menguasai keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik.

Kisi-Kisi ASAS Ganjil Bahasa Indonesia Kelas IX Kurmer...ada DI SINI!

Comments

  1. nama : Nazwa Putri Nur Utami
    kelas: 9f
    1. Berikut ini bukan isi yang biasanya terdapat dalam teks laporan hasil observasi yaitu...

    a. Berisi informasi mengenai keadaan atau peristiwa yang sedang terjadi.

    b. Berisi hasil riset yang mendalam tentang sebuah benda, tumbuhan, hewan, konsep tertentu.

    c. Berisi fakta-fakta yang bisa dibuktikan secara ilmiah.

    d. Berisi hasil pengamatan yang dilakukan secara sistematis.


    2. Perhatikan kutipan teks berikut ini!

    Buah sawo bentuknya yang bulat dengan warna cokelat dan rasa yang manis menjadi satu di antara buah kesukaan banyak orang. Sawo juga mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi. Protein inilah yang bisa dijadikan sumber nutrisi untuk tumbuh kembang anak. Menutrisi anak tidak harus dengan jenis buah yang mahal dan besar, cukup beri mereka asupan buah yang satu ini dengan rutin.

    Kalimat yang menyatakan deskripsi umum pada kutipan laporan observasi tersebut adalah

    a. Kalimat pertama

    b. Kalimat kedua

    c. Kalimat ketiga

    d. Kalimat keempat


    3. Perhatikan kutipan laporan berikut ini!

    Daun gedi, daun yang memiliki nama latim Abelmoschus manihot L hampir mirip dengan daun pepaya. Daun gedi merupakan satu di antara sayuran, yang banyak dimanfaatkan orang untukmembuat masakan dengan cara menumis yang dicampur dengan cabe dan bawang putih.

    Daun gedi ini tidak hanya dimanfaatkan untuk membuat masakan saja, akan tetapi juga dimanfaatkan sebagai obat herbal karena kandungan yang ada di dalamnya mampu mengobati berbagai macam penyakit antara lain diabetes, mag, osteoporosis, dan kardiovaskular dengan cara merebus daunnya maupun dibuat jus.

    Aspek yang dilaporkan pada kutipan teks tersebut adalah...

    a. Berupa deskripsi tentang daun gedi.

    b. Berupa definisi tentang daun gedi.

    c. Berupa definisi tentang penggunaan daun gedi.

    d. Berupa deskripsi tentang penggunaan daun gedi.



    4. Berikut ini yang bukan merupakan teks laporan observasi adalah...

    a. Ensiklopedia

    b. Artikel ilmiah

    c. Buku Pengetahuan

    d. Kamus



    5. Berikut ini merupakan kalimat boros adalah...

    a. Manfaat tanaman kemangi sangat banyak.

    b. Pemandangan di pegunungan itu sangat indah.

    c. Udara bersih di pegunungan itu sangat segar.

    d. Banyak terumbu karang rusak akibat penggunaan bom ikan.

    ReplyDelete
  2. Tugas Muhamad Rasel Wahyu Membuat soal PG

    Soal 1: Memahami isi teks
    Bacalah teks berikut dengan saksama:
    "Rani adalah seorang anak yang rajin dan suka menolong. Suatu hari, ia membantu nenek menyeberang jalan. Nenek itu sangat berterima kasih kepada Rani karena telah menolongnya."

    Siapakah tokoh utama dalam teks tersebut?
    A. Nenek
    B. Jalan
    C. Rani
    D. Orang tua

    Kunci jawaban: C

    Soal 2: Memahami isi teks
    Bacalah teks berikut:
    "Di sebuah desa kecil yang damai, hiduplah seorang petani dengan keluarganya. Mereka bekerja keras setiap hari untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Petani itu sangat mencintai keluarganya."

    Apa pesan moral dari cerita di atas?
    A. Pentingnya hidup di desa
    B. Pentingnya mencintai keluarga
    C. Pentingnya bekerja keras untuk menjadi kaya
    D. Pentingnya menjadi petani

    Kunci jawaban: B

    Soal 3: Menganalisis struktur teks
    Bacalah pernyataan berikut:
    "Hutan hujan adalah rumah bagi banyak spesies hewan dan tumbuhan. Sayangnya, hutan hujan mulai berkurang karena penebangan liar. Oleh karena itu, kita harus melestarikannya agar tetap ada untuk generasi mendatang."

    Apa bagian tesis dari teks tersebut?
    A. Penebangan liar mulai mengurangi hutan hujan
    B. Hutan hujan adalah rumah bagi banyak spesies
    C. Kita harus melestarikan hutan hujan
    D. Generasi mendatang membutuhkan hutan hujan

    Kunci jawaban: B

    Soal 4: Mengidentifikasi kata kunci
    Bacalah teks deskripsi berikut:
    "Pantai Parangtritis memiliki pasir hitam yang lembut, ombak yang besar, dan pemandangan matahari terbenam yang indah. Banyak wisatawan datang untuk menikmati keindahannya."

    Kata kunci yang tepat untuk menggambarkan Pantai Parangtritis adalah:
    A. Wisatawan, besar, indah
    B. Pasir, ombak, indah
    C. Wisatawan, pemandangan, hitam
    D. Pantai, wisatawan, lembut

    Kunci jawaban: B

    Soal 5: Memahami isi teks
    Bacalah teks berikut:
    "Siska mengunjungi perpustakaan setiap minggu. Ia meminjam buku cerita dan membacanya di rumah. Siska sangat menyukai cerita tentang petualangan."

    Apa kegiatan yang dilakukan Siska setiap minggu?
    A. Membaca buku petualangan di perpustakaan
    B. Mengunjungi perpustakaan dan meminjam buku
    C. Meminjam buku cerita tentang petualangan
    D. Membaca buku di rumah bersama keluarga

    Kunci jawaban: B

    ReplyDelete
  3. Nama: Restu firdaus

    Soal 1: Memahami isi teks
    Bacalah teks berikut dengan saksama:
    "Rani adalah seorang anak yang rajin dan suka menolong. Suatu hari, ia membantu nenek menyeberang jalan. Nenek itu sangat berterima kasih kepada Rani karena telah menolongnya."

    Siapakah tokoh utama dalam teks tersebut?
    A. Nenek
    B. Jalan
    C. Rani
    D. Orang tua

    Kunci jawaban: C

    Soal 2: Memahami isi teks
    Bacalah teks berikut:
    "Di sebuah desa kecil yang damai, hiduplah seorang petani dengan keluarganya. Mereka bekerja keras setiap hari untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Petani itu sangat mencintai keluarganya."

    Apa pesan moral dari cerita di atas?
    A. Pentingnya hidup di desa
    B. Pentingnya mencintai keluarga
    C. Pentingnya bekerja keras untuk menjadi kaya
    D. Pentingnya menjadi petani

    Kunci jawaban: B

    Soal 3: Menganalisis struktur teks
    Bacalah pernyataan berikut:
    "Hutan hujan adalah rumah bagi banyak spesies hewan dan tumbuhan. Sayangnya, hutan hujan mulai berkurang karena penebangan liar. Oleh karena itu, kita harus melestarikannya agar tetap ada untuk generasi mendatang."

    Apa bagian tesis dari teks tersebut?
    A. Penebangan liar mulai mengurangi hutan hujan
    B. Hutan hujan adalah rumah bagi banyak spesies
    C. Kita harus melestarikan hutan hujan
    D. Generasi mendatang membutuhkan hutan hujan

    Kunci jawaban: B

    Soal 4: Mengidentifikasi kata kunci
    Bacalah teks deskripsi berikut:
    "Pantai Parangtritis memiliki pasir hitam yang lembut, ombak yang besar, dan pemandangan matahari terbenam yang indah. Banyak wisatawan datang untuk menikmati keindahannya."

    Kata kunci yang tepat untuk menggambarkan Pantai Parangtritis adalah:
    A. Wisatawan, besar, indah
    B. Pasir, ombak, indah
    C. Wisatawan, pemandangan, hitam
    D. Pantai, wisatawan, lembut

    Kunci jawaban: B

    Soal 5: Memahami isi teks
    Bacalah teks berikut:
    "Siska mengunjungi perpustakaan setiap minggu. Ia meminjam buku cerita dan membacanya di rumah. Siska sangat menyukai cerita tentang petualangan."

    Apa kegiatan yang dilakukan Siska setiap minggu?
    A. Membaca buku petualangan di perpustakaan
    B. Mengunjungi perpustakaan dan meminjam buku
    C. Meminjam buku cerita tentang petualangan
    D. Membaca buku di rumah bersama keluarga

    Kunci jawaban: B

    ReplyDelete
  4. Nakeisha Keavyana Ersandhi IX F

    1.Unsur intrinsik yang menggambarkan latar tempat, waktu, dan suasana dalam sebuah cerpen adalah...

    a. Tema
    b. Alur
    c. Setting
    d. Tokoh
    e. Sudut pandang



    2. Konflik dalam sebuah cerpen berfungsi untuk...

    a. Memperjelas latar belakang tokoh
    b. Menjelaskan tema cerita
    c. Menimbulkan ketegangan dan menarik minat pembaca
    d. Menggambarkan suasana akhir cerita
    e. Memperlihatkan sudut pandang penulis



    3. Pengaruh nilai-nilai agama dalam sebuah cerpen termasuk dalam unsur...

    a. Intrinsik
    b. Ekstrinsik
    c. Tema
    d. Alur
    e. Tokoh



    4. "Hujan deras mengguyur bumi, seakan ikut menangisi nasib sang pemuda." Kalimat tersebut merupakan contoh dari...

    a. Personifikasi
    b. Hiperbola
    c. Simile
    d. Metafora
    e. Metonimia



    5. Tema utama dalam cerpen "Laskar Pelangi" karya Andrea Hirata adalah...

    a. Persahabatan
    b. Cinta
    d. Pendidikan
    d. Kehidupan
    e. Kepahlawanan


    ReplyDelete
  5. NAMA:ZEIN IBRAHIM
    KELAS:IX F

    1. Apa tujuan utama dari pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 9 semester ganjil Kurikulum Merdeka?

    A. Mengembangkan keterampilan berbahasa melalui pendekatan konvensional
    B. Mengembangkan keterampilan berbahasa yang mencakup mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis
    C. Memperkenalkan teks-teks sastra klasik
    D. Mengajarkan teknik penulisan yang rumit

    2. Dalam kurikulum Merdeka, penilaian dilakukan dengan pendekatan yang lebih...

    A. Subjektif
    B. Holistik dan kontekstual
    C. Terstruktur dan formal
    D. Fungsional dan langsung

    3. Pada semester ganjil, siswa kelas 9 mempelajari berbagai jenis teks. Teks yang bertujuan untuk menjelaskan atau menguraikan informasi dengan jelas dan sistematis disebut...?

    A. Teks Deskripsi
    B. Teks Narasi
    C. Teks Eksposisi
    D. Teks Argumentasi

    4. Berikut ini adalah salah satu contoh soal keterampilan menulis dalam kurikulum Merdeka. Soal ini meminta siswa untuk menulis langkah-langkah yang jelas dan terurut mengenai suatu kegiatan atau proses. Teks ini disebut...?

    A. Teks Deskripsi
    B. Teks Prosedur
    C. Teks Narasi
    D. Teks Eksposisi

    5. Penilaian dalam kurikulum Merdeka tidak hanya terfokus pada nilai akhir, tetapi juga pada...?

    A. Keterampilan siswa dalam berbicara
    B. Proses belajar siswa, seperti observasi, tugas, dan proyek
    C. Kemampuan menghafal materi
    D. Waktu yang dihabiskan siswa dalam belajar

    ReplyDelete
  6. Muhammad Abdul Fatah
    lX F

    1. Apa tujuan utama dari pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 9 semester ganjil Kurikulum Merdeka?

    A. Mengembangkan keterampilan berbahasa melalui pendekatan konvensional
    B. Mengembangkan keterampilan berbahasa yang mencakup mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis
    C. Memperkenalkan teks-teks sastra klasik
    D. Mengajarkan teknik penulisan yang rumit

    2. Dalam kurikulum Merdeka, penilaian dilakukan dengan pendekatan yang lebih...

    A. Subjektif
    B. Holistik dan kontekstual
    C. Terstruktur dan formal
    D. Fungsional dan langsung

    3. Pada semester ganjil, siswa kelas 9 mempelajari berbagai jenis teks. Teks yang bertujuan untuk menjelaskan atau menguraikan informasi dengan jelas dan sistematis disebut...?

    A. Teks Deskripsi
    B. Teks Narasi
    C. Teks Eksposisi
    D. Teks Argumentasi

    4. Berikut ini adalah salah satu contoh soal keterampilan menulis dalam kurikulum Merdeka. Soal ini meminta siswa untuk menulis langkah-langkah yang jelas dan terurut mengenai suatu kegiatan atau proses. Teks ini disebut...?

    A. Teks Deskripsi
    B. Teks Prosedur
    C. Teks Narasi
    D. Teks Eksposisi

    5. Penilaian dalam kurikulum Merdeka tidak hanya terfokus pada nilai akhir, tetapi juga pada...?

    A. Keterampilan siswa dalam berbicara
    B. Proses belajar siswa, seperti observasi, tugas, dan proyek
    C. Kemampuan menghafal materi
    D. Waktu yang dihabiskan siswa dalam belajar

    ReplyDelete
  7. nama:Arpansyah
    kelas:9F

    1. Apa tujuan utama dari pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 9 semester ganjil Kurikulum Merdeka?

    A. Mengembangkan keterampilan berbahasa melalui pendekatan konvensional
    B. Mengembangkan keterampilan berbahasa yang mencakup mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis
    C. Memperkenalkan teks-teks sastra klasik
    D. Mengajarkan teknik penulisan yang rumit

    2. Dalam kurikulum Merdeka, penilaian dilakukan dengan pendekatan yang lebih...

    A. Subjektif
    B. Holistik dan kontekstual
    C. Terstruktur dan formal
    D. Fungsional dan langsung

    3. Pada semester ganjil, siswa kelas 9 mempelajari berbagai jenis teks. Teks yang bertujuan untuk menjelaskan atau menguraikan informasi dengan jelas dan sistematis disebut...?

    A. Teks Deskripsi
    B. Teks Narasi
    C. Teks Eksposisi
    D. Teks Argumentasi

    4. Berikut ini adalah salah satu contoh soal keterampilan menulis dalam kurikulum Merdeka. Soal ini meminta siswa untuk menulis langkah-langkah yang jelas dan terurut mengenai suatu kegiatan atau proses. Teks ini disebut...?

    A. Teks Deskripsi
    B. Teks Prosedur
    C. Teks Narasi
    D. Teks Eksposisi

    5. Penilaian dalam kurikulum Merdeka tidak hanya terfokus pada nilai akhir, tetapi juga pada...?

    A. Keterampilan siswa dalam berbicara
    B. Proses belajar siswa, seperti observasi, tugas, dan proyek
    C. Kemampuan menghafal materi
    D. Waktu yang dihabiskan siswa dalam belajar

    ReplyDelete
  8. Kevin Kyrway Tjahyadi
    Kelas : 9F

    SOAL!!
    1. Teks laporan berisi tentang...
    A. Pendapat pribadi penulis
    B. Hasil pengamatan terhadap suatu hal
    C. Cerita pengalaman sehari-hari
    D. Petunjuk langkah-langkah melakukan sesuatu

    2. Salah satu ciri teks laporan adalah...
    A. Menggunakan bahasa sehari-hari
    B. Memuat informasi secara faktual
    C. Berisi konflik dan penyelesaian
    D. Memakai kata-kata kiasan

    3. Struktur utama teks laporan adalah...
    A. Pernyataan umum dan deskripsi bagian
    B. Orientasi, konflik, dan resolusi
    C. Pengenalan tokoh dan penutup
    D. Pernyataan umum dan simpulan

    4. Perhatikan penggalan teks berikut!
    Kupu-kupu adalah serangga yang memiliki sayap indah. Serangga ini hidup di daerah tropis dan subtropis. Kupu-kupu berkembang biak dengan cara bertelur.
    Bagian teks tersebut termasuk ke dalam...
    A. Pernyataan umum
    B. Deskripsi bagian
    C. Simpulan
    D. Pengenalan tokoh

    5. Tujuan teks laporan adalah...
    A. Menghibur pembaca
    B. Menjelaskan informasi hasil pengamatan secara objektif
    C. Menyampaikan opini penulis
    D. Memberikan langkah-langkah dalam suatu kegiatan

    ReplyDelete
  9. Nama: Disi Khansa Yurika
    Kelas: 9F
    No absen: 8

    1. Dibawah ini merupakan struktur cerpen yang benar, kecuali..

    a. orientasi
    b. komplikasi
    c. alat dan bahan
    d. resolusi

    2. Ciri khas bahasa yang digunakan dalam teks laporan percobaan adalah...

    a. Bahasa kiasan dan perumpamaan
    b. Bahasa baku dan objektif
    c. Bahasa sehari-hari dan informal
    d. Bahasa persuasif dan emosional

    3. Manakah kalimat berikut yang menggunakan konjungsi sebab akibat?

    a. Budi pergi ke sekolah, dan Ani pergi ke pasar.
    b. Karena hujan deras, pertandingan bola diundur.
    c. Andi suka makan bakso atau mie ayam.
    d. Meskipun sakit, ia tetap masuk sekolah.

    4. Tujuan utama dari teks laporan percobaan adalah...

    a. Menceritakan pengalaman pribadi
    b. Menghibur pembaca
    c. Menyampaikan informasi hasil percobaan
    d. Membujuk pembaca untuk melakukan percobaan
    e. Menjelaskan teori ilmiah

    5. Bagian teks laporan percobaan yang berisi penjelasan tentang langkah-langkah yang dilakukan dalam percobaan adalah...

    a. Pendahuluan
    b. Tujuan Percobaan
    c. Alat dan Bahan
    d. Cara Kerja
    e. Hasil Pengamatan

    ReplyDelete
  10. Nama:Aura husni r
    Kelas:9F

    Soal pilihan ganda
    1. Pahami kalimat-kalimat berikut!

    (1) Pengalaman pertama yang membuat kami semakin bersyukur kepada Tuhan YME.

    (2) Setelah puas, esok paginya kami turun gunung dengan perasaan penuh syukur dan haru.

    (3) Malam tahun baru di puncak gunung, pengalaman pertama kami.

    (4) Pendakian itu kami lakukan menjelang malam tahun baru.

    (5) Perjalanan mendaki Gunung Merapi sangat menakjubkan.

    Urutan kalimat-kalimat tersebut yang tepat adalah ….

    A. (4), (2), (5), (3), (1)

    B. (4), (3), (2), (5), (1)

    C. (5), (4), (3), (1), (2)

    D. (5), (1), (2), (4), (3)

    2. Kalimat di bawah ini yang mengandung kata kerja aktif yaitu …

    A. Cairan dituangkan ke dalam botol kaca

    B. Sebelum memulai kegiatan, peneliti menyiapkan alat dan bahan

    C. Semua peralatan yang akan digunakan harus bersih

    D. Beberapa bahan sudah disiapkan di atas meja

    3. Dalam teks laporan hasil percobaan memakai kata kerja aktif. Contoh kata kerja aktif ada pada kalimat ….

    A. Andry melakukan percobaan terhadap air mineral

    B. Air jernih itu harus dituangkan ke botol terlebih dahulu

    C. Sebelum melakukan percobaan, air tersebut harus ditaruh di lemari pendingin

    D. Air yang akan diuji coba didinginkan terlebih dahulu selama beberapa

    4. Perangkap nyamuk ini lebih aman dipakai dibandingkan cairan kimia pembasmi nyamuk. Alat inovatif ini bisa ditaruh di pojok kamar atau di kolong tempat tidur. Selama satu minggu, akan ada banyak nyamuk yang tertampung di dalam botol.Paragraf di atas adalah bagian … dalam teks rekaman percobaan.

    A. Langkah-langkah
    B. Tujuan
    C. Hasil
    D. Simpulan

    5. Usai melalui langkah-langkah pembuatan, sekarang alat perangkat nyamuk telah berhasil dibuat dengan lebih sederhana dan ampuh. Kamu bisa menggunakannya di siang atau malam hari.

    Teks di atas adalah bagian … dalam teks laporan percobaan.

    A. Langkah-langkah

    B. Tujuan

    C. Hasil

    D. Simpulan

    ReplyDelete
  11. nama : Bintang Satriaji Hastasasongko Putra
    kelas : 9f

    1. Bacalah teks berikut dengan seksama, kemudian pilihlah jawaban yang benar!


    Pada suatu hari, ada seorang petani yang sedang bekerja di sawah. Dia menanam padi dengan penuh kesabaran dan keuletan. Petani itu bekerja dari pagi hingga sore untuk memastikan tanaman padinya tumbuh dengan baik. Hasil kerjanya yang keras akhirnya membuahkan hasil, dan ia berhasil panen dengan melimpah. Pesan moral dari cerita ini adalah bahwa kerja keras akan membuahkan hasil yang memuaskan.

    Apa pesan moral dari teks tersebut?
    a) Kerja keras tidak selalu berhasil
    b) Keuletan dalam bekerja akan membuahkan hasil
    c) Petani seharusnya bekerja lebih sedikit
    d) Kerja keras hanya untuk petani

    2. Bacalah teks berikut, kemudian pilih jawaban yang tepat!


    Ali pergi ke toko buku untuk membeli novel favoritnya. Setibanya di toko, ia langsung menuju rak novel dan mencari judul yang ia inginkan. Setelah menemukannya, ia membayar buku tersebut di kasir dan meninggalkan toko dengan senyum bahagia.

    Apa yang dilakukan Ali setelah menemukan novel yang ia cari?
    a) Ali membaca novel tersebut di toko buku
    b) Ali membayar novel tersebut di kasir
    c) Ali berbicara dengan penjaga toko
    d) Ali pergi ke toko lain

    3. Bacalah instruksi berikut ini, kemudian pilih jawaban yang benar!

    Dengarkan percakapan antara dua orang berikut. Setelah itu, jawab pertanyaan berikut:


    A: "Aku baru saja membeli sepeda baru di toko. Rasanya sangat nyaman digunakan."
    B: "Wah, bagus sekali! Apa jenis sepedanya?"
    A: "Sepeda gunung, jadi bisa digunakan di berbagai medan."

    Apa jenis sepeda yang dibeli oleh A?
    a) Sepeda balap
    b) Sepeda gunung
    c) Sepeda lipat
    d) Sepeda statis

    4. Bacalah teks berikut dengan seksama!
    Pada suatu hari, di sebuah desa yang terletak di kaki gunung, hiduplah seorang anak bernama Riko. Riko dikenal sebagai anak yang sangat rajin dan suka menolong orang. Namun, hidupnya penuh tantangan karena ayahnya bekerja sebagai petani dan ibunya adalah penjahit di rumah.


    Siapakah tokoh utama dalam cerita tersebut?
    A. Riko
    B. Ayah Riko
    C. Ibu Riko
    D. Petani desa

    5. Dengarkan percakapan berikut ini!
    A: "Saya sedang mencari restoran yang enak di sekitar sini."
    B: "Ada restoran Sate Bu Heni, enak dan murah. Cobalah ke sana!"
    A: "Terima kasih, saya akan coba."


    Apa yang sedang dicari oleh pembicara A?
    A. Tempat tinggal
    B. Restoran
    C. Tempat belanja
    D. Tempat wisata

    ReplyDelete
  12. Nama : Hafizh Ar-Razi
    Kelas : 9F

    Berikut adalah 5 soal pilihan ganda bahasa Indonesia


    1. Cermati kutipan berikut:
    "Di tengah taman terdapat sebuah kolam kecil yang dikelilingi bunga warna-warni. Air kolam tampak jernih, memantulkan sinar matahari pagi yang hangat."

    Manakah pernyataan yang sesuai dengan ciri teks deskripsi?
    a. Menyajikan langkah-langkah secara sistematis.
    b. Menggambarkan suatu objek secara terperinci.
    c. Memuat peristiwa dalam urutan waktu.
    d. Menyampaikan argumen untuk meyakinkan pembaca.

    Jawaban: b


    2. Cermati kutipan berikut:
    "Pada suatu malam yang gelap, Raka berjalan sendirian menyusuri jalan kecil di desa. Tiba-tiba, terdengar suara langkah di belakangnya. Raka pun menoleh dan merasa ketakutan karena tidak ada siapa-siapa."

    Apa tujuan dari teks narasi di atas?
    a. Memberikan informasi tentang suatu topik.
    b. Menjelaskan prosedur yang harus diikuti.
    c. Menghibur pembaca melalui cerita.
    d. Meyakinkan pembaca dengan argumen logis.

    Jawaban: c


    3. Cermati pernyataan berikut:
    "Pendidikan karakter harus diterapkan sejak dini agar generasi muda memiliki moral yang baik. Dengan menanamkan nilai-nilai positif, mereka akan tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab."

    Apa ciri utama teks argumentasi yang ditunjukkan oleh kutipan di atas?
    a. Menyampaikan fakta dengan deskripsi.
    b. Menggambarkan peristiwa tertentu secara runtut.
    c. Mengajukan pendapat disertai alasan yang mendukung.
    d. Memberikan langkah-langkah dalam melaksanakan sesuatu.

    Jawaban: c


    4. Cermati kutipan berikut:
    "Sampah plastik menjadi salah satu penyebab kerusakan lingkungan. Plastik sulit terurai sehingga mengakibatkan pencemaran tanah dan air. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk mengurangi penggunaan plastik."

    Apa tujuan teks eksposisi tersebut?
    a. Menguraikan suatu informasi untuk menambah pengetahuan pembaca.
    b. Meyakinkan pembaca tentang bahaya plastik.
    c. Menggambarkan keadaan lingkungan akibat plastik.
    d. Menjelaskan cara mengolah sampah plastik.

    Jawaban: a


    5. Cermati kutipan berikut:
    "Cara membuat teh manis:

    1. Siapkan gelas dan masukkan satu kantong teh celup.


    2. Tambahkan gula sesuai selera.


    3. Tuangkan air panas dan aduk hingga merata."*



    Manakah ciri utama teks prosedur yang terlihat pada kutipan tersebut?
    a. Mengandung narasi untuk menghibur pembaca.
    b. Menggambarkan suasana atau objek tertentu.
    c. Berisi langkah-langkah sistematis untuk mencapai tujuan.
    d. Menyampaikan argumen untuk meyakinkan pembaca.

    Jawaban : c

    ReplyDelete
  13. Nama: Dzaky Haidar Helmi
    Kelas: 9F
    PG
    1.bacalah teks berikut
    Teks ini berfungsi untuk menggambarkan suatu objek, tempat, atau orang dengan cara yang jelas dan detail.
    Merpakan teks.
    A.Teks Deskripsi
    B.Teks Narasi
    C.Teks Eksposisi
    D.Teks Prosedur

    2.bacalah teks berikut
    Teks ini bertujuan untuk meyakinkan pembaca atau pendengar dengan menggunakan argumentasi yang logis dan berbasis fakta.
    Merupakan tesks
    A.Teks Eksposisi
    B.Teks Argumentasi
    C.Teks Prosedur
    D.Teks Narasi

    3.bacalah tes berikut
    Teks ini memberikan petunjuk atau langkah-langkah untuk melakukan suatu aktivitas.
    Merupakan teks
    A.Teks Argumentasi
    B.Teks Eksposisi
    C.Teks Prosedur
    D.Teks Narasi

    4.bacalah teks berikut
    Teks ini berkaitan dengan cerita atau urutan peristiwa yang dapat berupa kisah fiksi maupun nonfiksi.
    Merupakanteks
    A.Teks Argumentasi
    B.Teks Narasi
    C.Teks Deskripsi
    D.Teks Prosedur

    5.bacalah tes berikut
    Teks eksposisi bertujuan untuk menjelaskan atau menguraikan suatu informasi dengan jelas dan sistematis.
    Merupakan teks
    A.Teks Argumentasi
    B.Teks Prosedur
    C.Teks Narasi
    D.Teks Eksposisi

    ReplyDelete
  14. Nama: Keisha Adilla Rais
    Kelas: 9F
    1. Usai melalui langkah-langkah pembuatan, sekarang alat perangkat nyamuk telah berhasil dibuat dengan lebih sederhana dan ampuh. Kamu bisa menggunakannya di siang atau malam hari.

    Teks di atas adalah bagian … dalam teks laporan percobaan.

    A. Langkah-langkah

    B. Tujuan

    C. Hasil

    D. Simpulan

    2. Pemerintah Batu menawarkan paket wisata erupsi Gunung Bromo. Penawaran ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus memberikan jaminan bahwa gunung setinggi 2.329 mdpl tersebut aman dikunjungi, meski berstatus siaga. Wisatawan dapat menikmati pemandangan eksotis Gunung Bromo dari jauh. Penawaran paket wisata ini termasuk kegiatan menikmati hasil panen dan keindahan matahari terbit. Teks tersebut membahas ...

    A. Pemandangan eksotis Gunung Bromo

    B. Peningkatan kunjungan wisatawan

    C. Keindahan Gunung Bromo

    D. Penawaran paket wisata erupsi Gunung Bromo

    3. Tujuan dari teks tersebut yaitu untuk menjelaskan serta memaparkan informasi mengenai suatu hal sehingga bisa menambah pengetahuan pembaca. Pemaparan di atas merupakan tujuan dari …

    A. Teks narasi
    B. Teks argumentasi
    C. Teks deskripsi
    D. Teks eksposisi

    4. . Membuktikan kebenaran secara logis termasuk … dari teks argumentasi. Kata yang tepat untuk melengkapi titik-titik di atas ialah?

    a. Ciri
    b. Struktur
    c. Tujuan
    d. Pembuatan

    5. Saat membuka kardus barang elektronik yang dibelinya, Silvi menemukan buku kecil yang berisi teks prosedur.
    Apa yang dimaksud teks prosedur?

    a. teks yang berisi cerita saat melakukan sesuatu

    b. teks yang berisi ajakan untuk melakukan sesuatu

    c. teks yang berisi gambaran suatu benda atau keadaan

    d. teks yang berisi langkah-langkah cara melakukan sesuatu

    ReplyDelete
  15. 1. Usai melalui langkah-langkah pembuatan, sekarang alat perangkat nyamuk telah berhasil dibuat dengan lebih sederhana dan ampuh. Kamu bisa menggunakannya di siang atau malam hari.

    Teks di atas adalah bagian … dalam teks laporan percobaan.

    A. Langkah-langkah

    B. Tujuan

    C. Hasil

    D. Simpulan

    2. Dalam teks laporan hasil percobaan memakai kata kerja aktif. Contoh kata kerja aktif ada pada kalimat ….

    A. Andry melakukan percobaan terhadap air mineral

    B. Air jernih itu harus dituangkan ke botol terlebih dahulu

    C. Sebelum melakukan percobaan, air tersebut harus ditaruh di lemari pendingin

    D. Air yang akan diuji coba didinginkan terlebih dahulu selama beberapa menit

    3. Kalimat di bawah ini yang mengandung kata kerja aktif yaitu …

    A. Cairan dituangkan ke dalam botol kaca

    B. Sebelum memulai kegiatan, peneliti menyiapkan alat dan bahan

    C. Semua peralatan yang akan digunakan harus bersih

    D. Beberapa bahan sudah disiapkan di atas meja

    4. Berikut ini bagian yang tidak ada pada laporan yaitu ….

    A. Pembahasan

    B. Argumentasi

    C. Dasar teori

    D. Tujuan

    5. Langkah-langkah kerja sistematis selama melakukan kegiatan percobaan ada pada bagian …

    A. Alat dan bahan

    B. Cara kerja

    C. Tujuan

    D. Kajian teori Tujuan

    ReplyDelete
  16. Nama : khalisa aulia julianti
    kelas:9f
    absen :17
    5 soal pilihan ganda

    1. Teks laporan hasil observasi harus disajikan dengan menggunakan bahasa yang jelas, mudah dipahami, dan tidak berbelit-belit. Hal ini dilakukan untuk menghindari....
    A. kesalahpahaman pembaca
    B. keterlibatan tokoh masyarakat
    C. kesalahan penulisan
    D. salah tafsir

    2. Dibawah ini yang termasuk struktur teks laporan kecuali.....
    A. judul
    B. tujuan
    C. alat dan bahan
    D. proses

    3. Apa tujuan dari teks laporan....
    A. menyampaikan informasi secara objektif dan sistematis kepada pembaca
    B. melaporkan hasil teks laporan kepada pembaca
    C. hasil teks laporan percobaan yang akan diperoleh
    D. menyampaikan berita terbaru kepada pembaca

    4.Sistematika teks laporan hasil percobaan yang lengkap terdiri atas...
    A. Pendahuluan - Tujuan Percobaan - Metode Percobaan - Paparan Data - Kesimpulan
    B.Pendahuluan - Landasan Teori - Metode Percobaan - Paparan Data - Kesimpulan
    C. Pendahuluan - Tujuan Percobaan - Landasan Teori - Paparan Data - Kesimpulan
    D. Pendahuluan - Landasan Teori - Tujuan Percobaan - Metode Percobaan – Kesimpulan

    5.Berikut ini yang bukan contoh judul teks laporan percobaan...
    A. Konversi Minyak Tanah menjadi Gas
    B. Mengisi Baterai dari Kentang
    C. Memanaskan Air dengan Gelas Plastik
    D. Membuat Bel Listrik Sederhana

    ReplyDelete
  17. Nama: Fadillah Hasnaf
    Kelas: IX F

    5 SOAL PILIHAN GANDA

    1.Bacalah teks berikut!

    "Percobaan ini bertujuan untuk mengetahui perubahan warna pada daun setelah direndam dalam alkohol. Daun hijau dari tanaman bayam dimasukkan ke dalam gelas berisi alkohol, lalu dipanaskan. Setelah beberapa menit, warna hijau pada daun mulai memudar dan berubah menjadi kekuningan. Hal ini menunjukkan bahwa klorofil larut dalam alkohol saat dipanaskan."

    Pertanyaan:
    Apa perubahan yang menjadi tujuan dalam teks laporan percobaan di atas?

    A. Mengetahui efek alkohol terhadap klorofil.
    B. Mengamati perubahan bentuk daun setelah direndam.
    C. Membuktikan daun dapat larut dalam alkohol.
    D. Mengetahui kadar alkohol dalam larutan.


    2.Bacalah teks berikut dengan cermat!

    "Kemarin, hujan turun sangat deras, sehingga jalanan menjadi licin. Beberapa kendaraan mengalami kesulitan saat melintas. Namun, pagi ini cuaca terlihat cerah, dan matahari bersinar terang."

    Pertanyaan:
    Manakah kata tugas (konjungsi) yang terdapat dalam teks di atas?

    A. hujan, licin, terang
    B. sangat, menjadi, beberapa
    C. sehingga, saat, namun, dan
    D. kemarin, pagi, matahari


    3.Bacalah kalimat-kalimat berikut!

    1. "Angin malam berembus pelan, membawa aroma tanah yang basah setelah hujan deras sore tadi."


    2. "Kita harus menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman untuk ditinggali."


    3. "Dengan langkah tergesa-gesa, Dina menyusuri jalan setapak menuju rumahnya yang masih jauh di ujung kampung."


    4. "Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku manusia berpengaruh besar terhadap perubahan iklim."



    Pertanyaan:
    Manakah kalimat yang mengandung unsur kebahasaan cerpen?

    A. 1 dan 3
    B. 2 dan 4
    C. 1 dan 2
    D. 3 dan 4

    4.Bacalah pernyataan berikut!

    "Saudara-saudara, kita semua tahu bahwa menjaga lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu, mari kita mulai dari hal sederhana, seperti membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi penggunaan plastik. Dengan langkah kecil ini, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat untuk generasi mendatang."

    Pertanyaan:
    Ciri kebahasaan yang terdapat dalam teks pidato persuasif di atas adalah...

    A. Penggunaan istilah teknis yang spesifik.
    B. Kalimat ajakan atau imbauan.
    C. Narasi berbentuk cerita pengalaman pribadi.
    D. Penyajian fakta ilmiah secara rinci.

    5.Bacalah teks berikut dengan saksama!

    "Banyak anak muda saat ini yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan. Jika kita terus bersikap acuh, lingkungan kita akan semakin rusak. Mari kita mulai dengan langkah kecil, seperti tidak membuang sampah sembarangan dan mendaur ulang barang-barang bekas. Dengan begitu, kita dapat mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat untuk generasi mendatang."

    Pertanyaan:
    Manakah pernyataan yang bersifat persuasif dalam teks di atas?

    A. "Banyak anak muda saat ini yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan."
    B. "Jika kita terus bersikap acuh, lingkungan kita akan semakin rusak."
    C. "Mari kita mulai dengan langkah kecil, seperti tidak membuang sampah sembarangan dan mendaur ulang barang-barang bekas."
    D. "Lingkungan yang bersih dan sehat penting untuk generasi mendatang."

    ReplyDelete
  18. 1.Apa yang dimaksud teks laporan percobaan
    a) .Teks yang berisi tentang hasil penelitian yang dilakukan oleh seseorang dengan menggunakan metode eksperimen.
    b) Teks yang berisi tentang cerita fiksi dan khayalan yang dikarang oleh pengarangnya.
    c) Teks yang berisi penjelasan tentang hasil evaluasi suatu produk atau layanan.
    d) Teks yang berisi informasi tentang sejarah atau latar belakang suatu kejadian.

    2.Di dalam teks laporan percobaan yang memandu pembaca pada inti pembahasan, latar belakang masalah dan tujuan percobaan ada di struktur bagian
    a) Judul
    b) Kesimpulan
    c) Paparan data hasil percobaan
    d) Pendahuluan

    3.Pidato yang bertujuan untuk mengajak, memengaruhi pendengar untuk melakukan sesuatu adalah pidato
    a) Pidato informatif
    b) Pidato persuasif
    c) Pidato argumentatif
    d) Pidato rekreatif

    4.“Temanku, saatnya kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Mulailah dengan hal kecil, seperti tidak membuang sampah sembarangan. Ingat, jika kita peduli, bumi ini akan lebih baik untuk anak cucu kita. Ayo, kita mulai sekarang juga! Jangan tunda lagi!”

    Ciri kebahasaan yang digunakan dalam pidato ini adalah...
    a) Menggunakan kata ajakan dan dorongan
    b) Menggunakan kata tanya
    c) Menggunakan kata perintah
    d) Menggunakan kata keterangan waktu

    5.Dalam cerpen, orientasi berfungsi untuk...
    A. Menggambarkan perasaan tokoh utama
    B. Menyusun konflik yang akan terjadi
    C. Mengungkapkan pesan moral yang ingin disampaikan
    D. Memberikan informasi tentang waktu, tempat, dan tokoh

    ReplyDelete
  19. Nama: SHAFIRA SUHAYLA ACHMAD
    Kelas: 9C

    1. Teks deskripsi bertujuan untuk…

    A. Menggambarkan suatu objek, tempat, atau orang secara detail
    B. Menyampaikan pendapat yang logis dan sistematis
    C. Mengurutkan peristiwa secara kronologis
    D. Memberikan petunjuk langkah-langkah suatu aktivitas


    2. Bagian teks narasi yang berisi pengenalan tokoh, tempat, dan waktu disebut…

    A. Komplikasi
    B. Resolusi
    C. Orientasi
    D. Evaluasi


    3. Apa fungsi teks eksposisi?

    A. Menghibur pembaca dengan cerita menarik
    B. Menjelaskan atau menguraikan informasi dengan jelas dan sistematis
    C. Membujuk pembaca untuk melakukan sesuatu
    D. Menyampaikan urutan langkah-langkah suatu kegiatan


    4. Di bawah ini yang termasuk teks prosedur adalah…

    A. Cara membuat kerajinan tangan dari kardus
    B. Cerita rakyat Malin Kundang
    C. Ulasan tentang keindahan pantai Bali
    D. Pidato tentang pentingnya pendidikan


    5. Dalam teks argumentasi, salah satu unsur utama yang harus disertakan adalah…

    A. Langkah-langkah
    B. Data dan fakta
    C. Dialog antar tokoh
    D. Latar tempat

    ReplyDelete
  20. NAMA: DINDA DEWI WAHYUNI
    KELAS: IX.C

    1.Tujuan utama teks laporan adalah...
    a. Menceritakan pengalaman pribadi
    b. Menyampaikan informasi secara objektif
    c. Menghibur pembaca
    d. Mengkritik suatu peristiwa

    2.Struktur yang TIDAK termasuk dalam teks laporan adalah...
    a. Pendahuluan
    b. Isi
    c. Penutup
    d. Orientasi

    3.Ciri kebahasaan pidato yang bertujuan untuk membangkitkan emosi pendengar adalah...
    a. Penggunaan kata-kata teknis
    b. Penggunaan bahasa yang formal
    c. Penggunaan bahasa yang lugas dan jelas
    d. Penggunaan kata-kata berkonotasi kuat

    4.Tujuan utama penulisan cerpen adalah...
    a. Memberikan informasi
    b. Menghibur pembaca
    c. Mempengaruhi kebijakan pemerintah
    d. Menjelaskan suatu proses

    5.Unsur intrinsik yang TIDAK terdapat dalam cerpen adalah...
    a. Tema
    b. Tokoh
    d. Alur
    d. Setting

    ReplyDelete
  21. NAMA : AZRA CANTIKA NADISA RUSDI
    KELAS : IX.C


    1. Dibawah ini merupakan struktur cerpen yang benar, kecuali..

    a. orientasi
    b. komplikasi
    c. alat dan bahan
    d. resolusi

    2. Ciri khas bahasa yang digunakan dalam teks laporan percobaan adalah...

    a. Bahasa kiasan dan perumpamaan
    b. Bahasa baku dan objektif
    c. Bahasa sehari-hari dan informal
    d. Bahasa persuasif dan emosional

    3. Manakah kalimat berikut yang menggunakan konjungsi sebab akibat?

    a. Budi pergi ke sekolah, dan Ani pergi ke pasar.
    b. Karena hujan deras, pertandingan bola diundur.
    c. Andi suka makan bakso atau mie ayam.
    d. Meskipun sakit, ia tetap masuk sekolah.

    4. Tujuan utama dari teks laporan percobaan adalah...

    a. Menceritakan pengalaman pribadi
    b. Menghibur pembaca
    c. Menyampaikan informasi hasil percobaan
    d. Membujuk pembaca untuk melakukan percobaan
    e. Menjelaskan teori ilmiah

    5. Bagian teks laporan percobaan yang berisi penjelasan tentang langkah-langkah yang dilakukan dalam percobaan adalah...

    a. Pendahuluan
    b. Tujuan Percobaan
    c. Alat dan Bahan
    d. Cara Kerja
    e. Hasil Pengamatan

    ReplyDelete
  22. Nama: Fikri Afriansyah
    Kelax: IXC
    No Absen: 09

    SOAL BERDASARKAN KISI KISI

    1.Tujuan utama dari teks laporan percobaan adalah untuk...
    a. Menceritakan pengalaman pribadi saat melakukan percobaan
    b. Menjelaskan langkah-langkah percobaan secara rinci
    c. Memberikan informasi hasil percobaan secara objektif
    d. Meyakinkan pembaca untuk melakukan percobaan yang sama

    2.Bagian yang berisi hipotesis atau dugaan sementara dalam teks laporan percobaan disebut...
    a. Kesimpulan
    b. Landasan teori
    c. Hasil percobaan
    d. Tujuan percobaan

    3.Tujuan utama dari pidato persuasif adalah...
    a. Menghibur audiens dengan cerita menarik
    b. Memberikan informasi faktual kepada audiens
    c. Membujuk audiens agar setuju dengan pendapat pembicara
    d. Menginstruksikan audiens untuk melakukan sesuatu

    4.Kalimat berikut yang merupakan contoh ajakan dalam pidato persuasif adalah...
    a. "Hari ini, kita akan membahas tentang pentingnya menjaga lingkungan."
    b. "Mari kita bersama-sama mengurangi penggunaan plastik demi masa depan yang lebih baik!"
    c. "Laporan menunjukkan bahwa limbah plastik meningkat setiap tahunnya."
    d. "Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda."

    5.Ciri-ciri pidato persuasif yang baik adalah...
    a. Menggunakan bahasa formal, data pendukung, dan logika yang jelas
    b. Menggunakan kata-kata santai tanpa data pendukung
    c. Menyampaikan informasi dengan gaya bercerita
    d. Menampilkan opini tanpa fakta

    ReplyDelete
  23. Nama: Nabila Bilqis Asita
    Kelas 9C


    1. Usai melalui langkah-langkah pembuatan, sekarang alat perangkat nyamuk telah berhasil dibuat dengan lebih sederhana dan ampuh. Kamu bisa menggunakannya di siang atau malam hari.

    Teks di atas adalah bagian … dalam teks laporan percobaan.
    A. Langkah-langkah
    B. Tujuan
    C. Hasil
    D. Simpulan

    2. 1.Apa tujuan utama dari sebuah teks narasi?
    a. Menginformasikan fakta
    b. Menghibur pembaca dengan cerita
    c. Menyampaikan pendapat pribadi
    d. Menyampaikan pesan moral

    3. Teks yang berfungsi untuk menggambarkan suatu objek dengan cara yang detail, adalah teks?
    a. Teks diskripsi
    b. Teks narasi
    c. Teks eksposisi
    d. Teks prosedur

    4. Berikut ini adalah salah satu contoh soal keterampilan menulis dalam kurikulum Merdeka. Soal ini meminta siswa untuk menulis langkah-langkah yang jelas dan terurut mengenai suatu kegiatan atau proses. Teks ini disebut...?
    A. Teks Deskripsi
    B. Teks Prosedur
    C. Teks Narasi
    D. Teks Eksposisi

    5. Bagian teks laporan percobaan yang berisi penjelasan tentang langkah-langkah yang dilakukan dalam percobaan adalah...
    a. Pendahuluan
    b. Tujuan Percobaan
    c. Alat dan Bahan
    d. Cara Kerja
    e. Hasil Pengamatan

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Nama : Raditya Nur Aziz
    Kelas : 9C
    Absen : 25

    Soal Berdasarkan Kisi Kisi

    1. Teks prosedur adalah teks yang berfungsi untuk …
    A. Menyampaikan informasi tentang suatu peristiwa
    B. Menyusun langkah-langkah untuk melakukan sesuatu
    C. Menggambarkan suatu objek atau keadaan
    D. Membahas pandangan seseorang terhadap suatu masalah

    2. Struktur yang umumnya ditemukan dalam teks eksposisi adalah...
    a. Pernyataan umum, deretan penjelas, simpulan
    b. Orientasi, komplikasi, resolusi
    c. Pernyataan pendapat, argumen, penegasan ulang
    d. Judul, isi, salam penutup

    3. Tujuan utama dari pidato persuasif adalah...
    a. Menghibur audiens dengan cerita menarik
    b. Memberikan informasi faktual kepada audiens
    c. Membujuk audiens agar setuju dengan pendapat pembicara
    d. Menginstruksikan audiens untuk melakukan sesuatu

    4. Tujuan utama dari teks laporan percobaan adalah untuk...
    a. Menceritakan pengalaman pribadi saat melakukan percobaan
    b. Menjelaskan langkah-langkah percobaan secara rinci
    c. Memberikan informasi hasil percobaan secara objektif
    d. Meyakinkan pembaca untuk melakukan percobaan yang sama

    5. Ciri-ciri di bawah ini yang bukan termasuk dalam teks laporan adalah...
    A. Bersifat objektif dan berdasarkan fakta
    B. Menggunakan bahasa baku dan formal
    C. Berisi pendapat pribadi penulis
    D. Menyampaikan informasi secara umum dan menyeluruh

    ReplyDelete
  26. Nama:Kevin Marvellious Sihombing
    Kelas:IX C
    Absen:17

    1.Unsur intrinsik yang menggambarkan latar tempat, waktu, dan suasana dalam sebuah cerpen adalah...

    a. Tema
    b. Alur
    c. Setting
    d. Tokoh
    e. Sudut pandang



    2. Konflik dalam sebuah cerpen berfungsi untuk...

    a. Memperjelas latar belakang tokoh
    b. Menjelaskan tema cerita
    c. Menimbulkan ketegangan dan menarik minat pembaca
    d. Menggambarkan suasana akhir cerita
    e. Memperlihatkan sudut pandang penulis



    3. Pengaruh nilai-nilai agama dalam sebuah cerpen termasuk dalam unsur...

    a. Intrinsik
    b. Ekstrinsik
    c. Tema
    d. Alur
    e. Tokoh



    4. "Hujan deras mengguyur bumi, seakan ikut menangisi nasib sang pemuda." Kalimat tersebut merupakan contoh dari...

    a. Personifikasi
    b. Hiperbola
    c. Simile
    d. Metafora
    e. Metonimia



    5. Tema utama dalam cerpen "Laskar Pelangi" karya Andrea Hirata adalah...

    a. Persahabatan
    b. Cinta
    d. Pendidikan
    d. Kehidupan
    e. Kepahlawanan

    ReplyDelete

Post a Comment