1. Cermati pernyataan berikut.
(1) Laporan percobaan ialah tulisan ilmiah tentang kegiatan uji coba yang akan dilakukan oleh peneliti di suatu tempat.
(2) Laporan percobaan merupakan kegiatan percobaan atau uji coba tentang peristiwa alam atau prakarya.
(3) Laporan percobaan adalah teks yang berisi paparan tujuan, alat dan bahan, serta langkah-langkah kegiatan.
(4) Teks yang berisi Informasi laporan hasil kegiatan uji coba disebut dengan teks laporan percobaan.
Pernyataan yang merupakan definisi laporan percobaan terdapat pada nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
2. Cermati paragraf berikut.
Dalam percobaan ini menggunakan 60 sampel ikan asin yang diperoleh dari 7 pasar tradisional Kota Kendari dan 2 pasar modern Kota Kendari yang berbeda di mana ciri sampel yang digunakan yaitu tekstur keras seperti karet dan tidak beraroma, warna bagus cerah bening, cepat kering, tidak dihinggapi lalat, tidak ada jamur/belatung. Namun dari hasil identifikasi ditemukan bahwa hanya 6 sampel ikan yang mengandung formalin sedangkan 54 ikan lainnya negatif. Dengan demikian ikan yang mengandung formalin tidak hanya bisa ditentukan secara visual. Keadaan ikan yang sudah tidak bagus lagi karena lamanya proses penyimpanan dan tingginya kandungan garam yang terdapat pada ikan asin menyebabkan ciri fisik ikan menyerupai ikan yang mengandung Formalin (Rinto, 2009).
Informasi yang sesuai dengan teks tersebut adalah ....
A. Ikan yang mengandung formalin dapat ditentukan dengan ciri tekstur keras seperti karet dan tidak beraroma; warna bagus, cerah, bening; cepat kering, tidak dihinggapi lalat, tidak ada jamur/belatung
B. Lamanya proses penyimpanan dan tingginya kandungan garam yang terdapat pada ikan asin menyebabkan ikan memiliki kandungan formalin
C. Ikan yang mengandung formalin tidak hanya bisa ditentukan secara visual.
D. 10 persen ikan asin di Kota Kendari, baik dari pasar tradisional maupun pasar modern tidak mengandung formalin.
3. Cermati teks berikut.
Sampah plastik merupakan konsekuensi dari berkembangnya teknologi, industri, dan juga jumlah populasi penduduk. Di Indonesia, kebutuhan plastik terus meningkat hingga mengalami kenaikan rata-rata 200 ton per tahun.
Limbah plastik yang semakin hari semakin meningkat tanpa adanya pemanfaatan, pengolahan kembali, dan minimnya perhatian masyarakat serta pemerintah haruslah mendapatkan solusi. Solusi yang dimaksud adalah pelatihan metode sederhana untuk pengolahan sampah plastik menjadi minyak mentah, seperti minyak tanah atau bahan bakar yang digunakan untuk keperluan rumah tangga dengan metode penyulingan.
Hasil minyak mentah ini bisa mempunyai nilai jual dalam upaya meningkatkan pendapatan keluarga di Desa Dambalo Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara, Selain menambah pendapatan, minyak mentah dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari dalam urusan rumah tangga.
Ringkasan teks tersebut yang tepat adalah ....
A. Minyak mentah yang mempunyai nilai jual tinggi dalam upaya meningkatkan pendapatan keluarga dapat diproduksi dengan metode sederhana. Metode ini dikenal dengan nama penyulingan.
B. Kebutuhan plastik yang terus meningkat hingga mengalami kenaikan rata-rata 200 ton per tahun perlu disediakan terutama di desa Dambalo kecamatan Tomilito kabupaten Gorontalo Utara.
C. Sampah plastik merupakan konsekuensi dari berkembangnya teknologi. Oleh sebab itu sampah plastik perlu ditingkatkan nilai jualnya dengan proses daur ulang sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
D. Peningkatan limbah plastik perlu diolah dengan metode penyulingan. Dengan metode tersebut sampah plastik akan menghasilkan minyak mentah sehingga memiliki nilai jual dan dapat meningkatkan pendapatan keluarga.
4. Cermati paragraf berikut.
Setelah melakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa proses fermentasi pada tape singkong terjadi selama 2-3 hari. Selain itu, dalam proses pembuatan tape ada hal-hal yang harus diperhatikan supaya proses fermentasi berlangsung secara sempurna. Selama proses fermentasi tidak diperlukan adanya oksigen. Oleh karena itulah, proses fermentasi pada singkong harus tertutup rapat. Lamanya proses fermentasi akan mempengaruhi kadar alkohol yang dihasilkan.
Paragraf tersebut berada dalam stuktur teks laporan percobaan bagian ....
A. kajian teori
B. tujuan
C. alat dan bahan
D. kesimpulan
5. Cermati petikan teks berikut.
Dengan botol-botol bekas, akhirnya selesailah pembuatan kotak pensil yang cantik. Bentuk tabung plastik bening dengan tutup yang dapat dibuka dan ditutup kembali menggunakan resleting. Semua peralatan tulis sekolah dapat mememuhi tempat pensil resleting tersebut. Selain bisa dibawa ke mana-mana, tempat pensil releting ini bisa di mempercantik meja belajar rumah kita.
Tujuan laporan percobaan sesuai petikan teks tersebut adalah ....
A. Memanfaatkan barang bekas untuk tempat pensil cantik
B. Membuat kotak pensil sebagai hiasan meja belajar
C. Membuat tempat pensil resleting dari botol bekas
D. Mendaur ulang botol bekas untuk hiasan rumah
6. Cermati kutipan teks berikut ini.
Percobaan perambatan bunyi dapat disimpulkan bahwa getaran bunyi merambat ke segala arah sebagai gelombang. Makin jauh sumber bunyi, bunyi terdengar makin lemah. Bunyi yang kita dengar merupakan energi kuat dan lemah. Bunyi kuat ditimbulkan oleh getaran yang kuat, sedangkan bunyi lemah oleh getaran yang lemah. Bunyi dengan frekuensi teratur disebut nada, sedangkan bunyi dengan frekuensi tidak teratur disebut desah.
Yang tergolong Istilah teknis pada laporan percobaan tersebut adalah ....
A. getaran, bunyi, jauh
B. sumber bunyi, lemah, kuat
C. frekuensi, nada, desah
D. bunyi lemah, teratur, nada
7. Cermati kalimat berikut.
Langkah kerja:
Buatlah satu lubang kecil dengan ujung paku di tengah dasar gelas plastik. Kemudian, tali kasur dipotong 2 hingga 3 meter.
Kalimat yang sejenis dengan kalimat kedua adalah ....
A. Andry melakukan percobaan terhadap air mineral.
B. Air yang jernih itu dituangkan ke dalam botol terlebih dahulu.
C. Sebelum melakukan percobaan, harus menyimpan air tersebut di lemari pendingin.
D. Menyimpan air mineral hasil percobaan di lemari pendingin terlebih dahulu.
8. Cermati teks berikut.
Membuat Slime Tanpa Boraks
(1)Kamu bisa membuat slime di rumah dengan bahan aman. (2)Selain itu biaya yang dibutuhkan lebih sedikit. (3)Kita akan menghemat uang walau dibandingkan membeli di toko. (4)Kegiatan ini dapat membuat kamu menjadi lebih kreatif dan inovatif.
Penggunaan konjungsi yang tidak tepat pada teks tersebut terdapat pada kalimat ….
A. kesatu
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
9. Cermati teks berikut.
Insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk terlelap maupun untuk tetap terlelap, meskipun Anda memiliki kesempatan itu. Insomnia termasuk masalah yang sangat mengganggu karena aktivitas sepanjang hari juga tentu akan terpengaruh. Tidur merupakan aktivitas penting yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan dan memperbaiki sel-sel yang rusak dan menjadikan tubuh pulih kembali. Kurang tidur bisa menyebabkan menurunnya fungsi tubuh, mulai dari konsentrasi yang rendah hingga daya tahan tubuh melemah. Tak heran, banyak orang melakukan berbagai cara mengatasi insomnia agar bisa memiliki tidur yang berkualitas.
Perubahan teks tersebut menjadi tujuan teks laporan percobaan yang tepat adalah ….
A. Kita sering mendengar keluhan tentang orang yang susah tidur atau insomnia. Kurang tidur bisa menyebabkan menurunnya fungsi tubuh, mulai dari konsentrasi rendah hingga daya tahan tubuh melemah. Karena itulah percobaan ini bertujuan untuk menemukan ramuan herbal untuk mengatasi insomnia.
B. Teks ini adalah uraian informasi hasil kegiatan uji coba. Sebuah teks berisi laporan yang disusun untuk memberikan informasi tentang kegiatan percobaan membuat obat tradisional insomnia yang telah kami lakukan karena banyak orang melakukan berbagai cara mengatasi insomnia agar bisa memiliki tidur yang berkualitas.
C. Kegiatan yang kami lakukan adalah membuat obat tradisional insomnia. Insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk terlelap maupun untuk tetap terlelap walaupun penderita ingin sekali tidur. Banyak orang melakukan berbagai cara mengatasi insomnia agar bisa memiliki tidur yang berkualitas.
D. Ini adalah kegiatan untuk membuat obat insomnia secara tradisional. Obat insomnia ini sangat penting dan dibutuhkan oleh para penderita. Oleh sebab itu banyak orang melakukan berbagai cara mengatasi insomnia agar bisa memiliki tidur yang berkualitas.
10. Cermati petikan teks berikut.
(1)Hadirin yang berbahagia,
(2)Saat ini, intensitas curah hujan mulai tinggi. Sebagaimana kita ketahui sejak beberapa hari terakhir, hujan deras mengguyur wilayah Malang dan sekitarnya. Tak pelak lagi, banjir pun datang tanpa permisi. (3)Menurut data Badan Meteorologi dan Geofisika Karangploso, curah hujan yang tinggi masih akan berlagsung selama beberapa pekan ke depan.
(4)Untuk itu mari kita tingkatkan penjagaan lingkungan agar tetap bersih. Dengan kebersihan diri dan lingkungan, penyakit akan menjauh dari kita. Jika kita sehat, insyaallah rizki pun akan mengalir seperti tingginya curah hujan.
Pernyataan persuasif teks tersebut ditemukan pada nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
11. Cermati gagasan dari petikan pidato berikut.
(1) Walaupun saat ini kita dalam masa pandemi, namun alhamdulillah, pagi ini kita masih diberi kesempatan untuk merasakan kebahagiaan. Meskipun saat ini kita dalam masa-masa yang sulit, tapi alhamdulillah, pagi ini kita masih diberi kekuatan untuk merayakan hari kemenangan yang penuh kebahagiaan.
(2) Jikalau ada tetangga kita yang kebetulan saat ini terpapar Covid-19, mari kita ulurkan tangan untuk membantu dan menolong mereka, bukan malah dikucilkan. Harta yang saat ini kita miliki sesungguhnya harus kita bersihkan dengan cara kita bersedekah kepada sesama yang membutuhkan.
(3) Kita semua mungkin saat ini sudah bosan kondisi ini, bosan dengan kata-kata soal pandemi, virus, corona, dan Covid-19. Namun senantiasa ingat bahwa pandemi Covid-19 hanya akan berakhir apabila kita tetap tangguh, semangat, dan taat kepada protokol kesehatan.
(4) Keluargaku yang saya cintai. Ikhtiyar lahir harus terus dilakukan, menjaga kesehatan, mematuhi aturan pemerintah dengan melaksanakan prokes dan disiplin 5M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menjauhi kerumunan. Upaya ini mari kita sempurnakan dengan tawakal dan berdoa kepada Allah sang Maha Khaliq, kepada Allah sang Maha Rahman dan Rahim.
Persuasi yang disampaikan dengan unsur logika terdapat pada gagasan ....
A. kesatu
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
12. Cermati petikan teks pidato berikut.
Hadirin yang berbahagia,
Pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan sebuah pesan singkat untuk membawa potensi diri kita ke tahap yang lebih baik. Apa suatu hal yang dapat benar-benar mengeluarkan potensi kita itu? Hal tersebut tidak lain adalah disiplin. Ya, disiplin dalam arti sederhananya yakni mampu menjaga konsistensi dan konsekuensi terhadap kewajiban apa yang hendak dan sedang kita lakukan.
Tanpa disiplin, seseorang yang pintar dan luar biasa cerdas pun tidak akan mampu mengeluarkan potensi dirinya. Ia tidak dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, apalagi untuk orang lain. Mengapa? Karena proses kreatif itu membutuhkan disiplin yang tinggi. Jika seseorang tidak secara disiplin mengerjakan pekerjaannya, pekerjaan itu tidak akan pernah selesai. Menurut Dr. Syahrial Mukhtar soft skill adalah kunci keberhasilan dalam dunia kerja.
Simpulan tepat cuplikan pidato tesebut adalah ....
A. Kunci sukses kehidupan semua orang adalah disiplin.
B. Disiplin merupakan kunci keberhasilan mengembangkan potensi diri.
C. Berkembangnya potensi diri disebabkan adanya disiplin yang kuat.
D. Proses kreatif dapat ditumbuhkan dengan disiplin tinggi.
13. Cermati petikan pidato berikut.
(1)Puji syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Tuhan yang Maha Esa karena atas rahmat dan hidayah-Nya kita semua dapat kembali bersua secara daring untuk memperingati hari lahir pancasila tahun 2021.
Hadirin yang berbahagia,
(2)Tahun ini kita masih berada di tengah situasi pandemi Covid19 yang menyebabkan berbagai kegiatan harus dilakukan secara terbatas. Meskipun demikian, sudah sepatutnya hal ini tidak menyurutkan semangat kita untuk terus mengobarkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari khususnya dalam kehidupan bermasyarakat.
(3)Tema peringatan hari lahir pancasila tahun 2021 ini adalah "Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh". Dengan tema ini terdapat dua hal yang diharapkan dalam peringatan hari lahir pancasila 1 Juni 2021.
Struktur teks pidato dari pernyataan nomor 2 teks tersebut adalah ....
A. penguatan pernyataan posisi
B. pernyataan posisi
C. argumen fakta
D. argumen opini
14. Cermati kutipan pidato berikut.
Teman-teman pemuda, mana semangatnya....
Kita sebagai anak muda harus ingat pesan baginda Rasulullah bahwa tiang negara adalah pemuda-pemudinya. Pemuda dihadapkan beberapa tawaran untuk memilih masa depannya.Sejak 1400 tahun lalu sudah disampaikan oleh Sayyidina Ali, sahabat Nabi Muhammad saw. sekaligus khalifah yang ke-empat termuda di antara sahabat-sahabat nabi. Syubbanul yaum rijalul ghad. Rijalul yaum imanul ghad adalah ungkapan yang diadaptasi oleh para filosof dari the youth of the day, the leaders tomorrow. Ungkapan itu bermakna bahwa pemuda hari ini adalah pemimpin nanti di masa depan.
Struktur teks pidato tersebut adalah ....
A. Pernyataan posisi
B. Argumen fakta
C. Argumen opini
D. Penguatan pernyataan posisi
15. Cermati pernyataan acak berikut.
(1) Hadirin yang saya hormati.
(2) Bahasa mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam kehidupan. Kita sudah menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi sejak berabad abad silam. Bahasa lahir bersamaan dengan terbentuknya masyarakat atau bangsa.
(3) Puji syukur kehadirat Allah Swt. Semoga kita selalu dalam bimbingan dan lindungan Allah Swt. Amin.
(4) Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato tentang penggunaan bahasa Indonesia sebagai identitas dan jati diri bangsa.
(5) Dalam konteks tertentu, menguasai bahasa asing memang diperlukan. Akan tetapi, kebanggaan berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya jangan sampai mengikis kecintaan terhadap bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Pepatah mengatakan bahwa "Bahasa menunjukkan bangsa". Jati diri kita sebagai bagian dari suku-suku di nusantara dan sebagai bangsa yang mandiri tercermin dari bahasanya.
Urutan struktur gagasan pidato tersebut adalah ....
A. pernyataan posisi, ucapan puji syukur, penutup pidato, pembuka pidato
B. pernyataan posisi, ucapan puji syukur, pembuka pidato, argumen pidato
C. penguatan pernyataan posisi, ucapan puji syukur, pembuka pidato, penutup pidato
D. penguatan pernyataan posisi, ucapan penghormatan, pembuka pidato, penutup pidato
16. Cermati kutipan pidato berikut.
Bagaimana tidak, sekali mencoba narkoba maka barang ini akan terus-menerus menghantui kita setiap hari, setiap jam, bahkan setiap detik. Narkoba adalah zat adiktif yang artinya tubuh kita akan terus memintanya saat telah mencicipinya.
Bukan berarti tubuh kita benar-benar menginginkannya, tetapi narkobalah yang memanipulasi tubuh kita untuk memintanya. Ketergantungan yang ditimbulkan bisa membuat pemakainya merasa depresi dan kesakitan ketika tidak mengonsumsinya.
Unsur kebahasaan dari kata bercetak miring pada kutipan pidato persuasif tersebut adalah ....
A. bentuk pasif
B. istilah teknis
C. nominalisasi
D. kata benda abstrak
17. Cermati teks pidato peruasif berikut.
(1)Tanpa menjaga kebersihan lingkungan sungai, banjir akan melanda orang-orang yang dekat dengan sungai. (2)Sampah plastik berujung mengotori lautan. (3)Ya, sampah plastik jika tidak diolah dengan benar akan berujung ke lautan dan yang paling dirugikan adalah orang-orang yang berada di sana. (4)Bahkan, menurut data yang dihimpun national geographic, jika kita tidak berhenti membuang sampah plastik sembarangan, pada tahun 2040 hampir tiga puluh juta ton persegi sampah plastik akan membanjiri lautan.
Bentuk kalimat pasif dari teks tersebut ditunjukkan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
18. Cermati petikan teks pidato berikut.
(1)Kita memang membutuhkan media televisi sebagai sumber informasi dan alat penyampai informasi. (2)Namun, kebutuhan itu membuat kita terjebak oleh tayangan-tayangan yang disuguhkan.
(3)Tayangan acara di televisi dijadikan trendsetter. (4)Acara itu mulai dari hal yang sepele, seperti dandanan, makanan instan, gaya bicara, minyak wangi, atau gosip, sampai pada hal-hal yang sifatnya mendasar, yang menyangkut aqidah agama, ideologi, dan moralitas.
Kalimat pembendaan dalam petikan pidato tersebut ditunjukkan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
19. Cermati ilustrasi berikut.
Pembelajaran daring hingga tahun ajaran baru 2021/2022 masih menjadi pilihan yang efektif bagi sekolah. Guru dan siswa masih belum bisa melakukan pembelajaran tatap muka secara luring. Lonjakan korban keganasan virus varian delta semakin memprihatinkan. Kasus penderita Covid 19 meningkat tajam. Pihak pemerintah memutuskan untuk pembelajaran tatap muka yang rencananya akan diselenggarakan pada awal tahun ajaran baru akhirnya dibatalkan.
Gagasan yang harus disampaikan oleh siswa untuk memotivasi teman-temannya dalam pidato persuasif sesuai ilustrasi tersebut adalah ....
A. Sebagai pelajar tugas kita adalah belajar. Mengikuti arahan sekolah. Belajar daring dan memutuskan untuk tidak keluar rumah selama masa pandemi. Hal ini kita lakukan karena adanya lonjakan korban keganasan virus varian delta yang semakin memprihatinkan. Kasus penderita Covid 19 meningkat tajam. Kita sebagai pelajar hendaknya mengikuti arahan pemerintah dengan aktif mengikuti pembelajaran dari rumah.
B. Perpanjangan kegiatan pembelajaran daring adalah pilihan efektif untuk meningkatkan mutu diri melalui media yang ada. Kita bisa belajar menggunakan HP atau laptop dengan berbagai aplikasi. Selain itu kita bisa mendapatkan berbagai informasi yang lebih banyak dengan berselancar di google. Buku elektronik sebagai pendukung belajar juga lebih banyak. Jadi kita bisa menemukan pengetahuan dari berbagai media.
C. Pembatalan rencana pemerintah menyelenggarakan pembelajaran tatap muka sebenarnya demi menjaga kesehatan masyarakat dari serangan virus yang mengganas. Selain itu anggaran negara juga terkuras untuk menangani korban pandemi ini. Jika sekolah diizinkan tatap muka, nanti semakin banyak siswa yang terpapar virus jenis delta ini sehingga anggaran pembiayaannya semakin membengkak.
D. Pandemi Covid-19 belum selesai. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa korban yang berjatuhan semakin meningkat. Selain itu yang virus covid-19 terus bermutasi sehingga muncul varian delta yang lebih ganas. Karena itu mari kita sambut dengan semangat belajar yang tinggi keputusan Pemerintah tentang perpanjangan pembelajaran daring pada tahun ajaran baru 2021-2022.
20. Cermati kutipan cerpen berikut.
Dia, cowok paling menyebalkan yang pernah ada. Janet melangkah memasuki kelas dengan wajah memerah. Rasa geram bercampur malu membuat matanya berkaca-kaca. Teriakan Brennen dari bawah ring basket masih terngiang di telinga.
"Hei... cegat gadisku!," Brennen meneriaki teman-temannya yang berkumpul di depan kelas.
"Nggak berani!" Mark menepi dan memberi jalan.
"Ada apa pagi-pagi, teriak kayak Tarzan?" protes Janet sambil cemberut.
Latar tempat pada kutipan cerpen tersebut adalah di ....
A. kelas
B. kantin
C. halaman
D. lapangan
21. Cermati kutipan cerpen berjudul Tank Merah karya Raisa Kamila berikut.
"Gimana ya, kalau semua orang yang tinggal di tempat ini diwajibkan pakai jilbab?"
"Maksudmu semua orang itu, termasuk aku sama kau?" Nora balik bertanya kepadaku. Aku hanya mengangguk pelan.
"Nggak mungkinlah. Itu 'kan peraturan orang yang agamanya Islam, mana bisa atur-atur orang yang agamanya beda." Nora kemudian menyalakan mesin motornya. Aku duduk menyamping di belakang Nora dan motor melaju ke arah gerbang keluar.
"Kau itu terlalu banyak khawatir, Ping. Kalaupun ada aturan itu, yang menjalani 'kan orang Islam. Kita, ya hidup aja seperti biasa," suara Nora tersamar bunyi knalpot yang bising dan angin.
Latar suasana pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. sepi
B. bising
C. was-was
D. perdebatan sengit
22. Cermati kutipan cerpen berjudul Tank Merah karya Raisa Kamila berikut.
(1)Di hari pertama sekolah setelah liburan, aku seperti orang yang tersesat di tengah kerumunan orang-orang yang akan pergi ke pengajian. (2)Icut dan Yuli datang ke sekolah dengan penuh tawa dengan Jilbabnya yang berwarna putih agak kebiruan dan tampak mencolok dengan kemeja yang berwarna putih tulang. (3)Sejak hari itu, setiap kali guru-guru memasuki kelas, mereka akan memastikan bahwa satu-satunya yang tidak memakai jilbab adalah aku. (4)Tapi sebenarnya itu tidak terlalu mengganggu, dibanding seorang guru fisika yang selalu berkata bahwa, ia berharap aku mendapat hidayah untuk masuk Islam.
Bukti latar tempat cerita tersebut ada di sekolah ditunjukkan kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
23. Cermati kutipan cerpen berikut.
(1)Terik mentari serasa berada di atas kepalaku pengap oleh keringat. (2)Awan putih nan indah bergerak-gerak seiring derai angin di atas sana berhembus kencang. (3)Di sekelilingku tampak manusia-manusia yang sibuk berlalu-lalang dengan semua urusannya. (4)Beginilah potret perkotaan yang ramai dan bising.
Bukti latar waktu siang hari ditunjukkan pada kalimat ....
A. kesatu
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
24. Cermati kutipan cerpen berikut.
"Saya tidak suka kamu menasihati saya", kata Namsu sambil menunjuk jidat Kusni, "janganlah merasa punya ilmu banyak!"
"Bukan begitu, Nam, hidup ini harus saling mengisi, mengingatkanlah," Kusni sedikit membela.
"Boleh kamu mengingatkan dengan pengetahuanmu, tapi jangan lagi kepada saya!" kata Namsu ketus sambil ngeloyor entah ke mana.
Kusni terdiam lama di bangku tunggu di teras kelurahan sambil mengelus-elus dahinya.
Bukti watak tokoh Namsu seorang sombong terdapat pada nomor ....
A. (1) dan (3)
B. (2) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (2) dan (4)
25. Cermati kutipan cerpen berikut.
Acenk bersekolah di SMPN 999 di dekat rumahnya. Acenk selalu diremehkan karena kurangnya ekonomi keluarganya. Meski demikian Acenk selalu tabah dan dia tetap bersungguh-sungguh dalam belajar. Acenk biasa dipanggil Brokoli oleh teman sekelasnya. Temannya memberi nama itu karena Acenk bertubuh kurus kering dengan rambut ikal yang sedikit tak terawat. Acenk tak merasa rendah walau dipanggil seperti itu.
Facebook: Davies_sawalludinyusuf[-at-]yahoo.com (dikutip dengan perubahan)
Struktur teks cerpen tersebut adalah ....
A. orientasi
B. rangkaian peristiwa
C. komplikasi
D. resolusi
26. Cermati petikan dari beberapa cerita berikut.
(1) Matahari menyambut pagi di sebuah pedesaan yang sangat indah, asri dan jauh dari pusat keramaian. Udara hangat yang diiringi semilir angin sejuk menggerakkan ilalang yang terhampar di sisi jalan pedesaan. Gemercik air yang turun dari sela-sela bebatuan sungai menghiasi suara khas pedesaan. Burung-burung berkicauan di atas hamparan sawah yang hijau dan ayam jantan berkokok menandakan bahwa dimulainya aktivitas warga pada pagi hari di pedesaan.
(2) Dengan ini Bejo dihukum 5 tahun penjara" jelas hakim.
"Lho…? Pak, ini tidak adil, mengapa masa hukuman saya lebih berat dari pada koruptor?"
"Ya.. .tentulah, kamu mencuri sandal sehingga merugikan seseorang 5.000 rupiah. Beda dengan koruptor, dia mencuri uang 2 milyar terhadap 200 juta rakyat Indonesia. Nah kalau dihitung, koruptor hanya merugikan 50 perak tiap-tiap orang" tukas hakim.
(3) "Udah, Nak Ridho ngaku aja. Kalau gak ngaku, apa aku bilangin ke orang tuamu? Gimana Ridho, biar orang tuamu tahu kalau kau anak yang nakal? ujar Pak Sarno dengan nada yang sangat ketus.
"Jangan deh Pak, ampuni saya pak! Aku janji gak akan mengulangi seperti itu lagi," ujar Ridho dengan nada yang takut.
"Oke, bapak maafkan. Akan tetapi harus ada satu syarat."
"Syarat apa itu, Pak?" tampak Ridho semakin penasaran.
(4) Acenk, Udin, Aam merasa lega karena tak ada yang menekannya untuk membayar pajak wilayah. Acenk mendapat es doger gratis dan mendapat tepuk tangan dari kedua temannya itu. Sejak saat itu Acenk di panggil oleh kedua teman seperjuangannya dengan sebutan Acenk si SuperDonat.
Struktur bagian teks komplikasi terdapat pada petikan cerita nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
27. Cermati petikan cerpen berikut.
(1)Pagi itu Wahidah menutup telinganya sembari menyumpah-nyumpah pada suara yang berisik yang ada di luar rumah.
(2)"Kau tak bisa membuatnya diam?" kata perempuan itu.
(3)Arman tak peduli dengan kelakuan istrinya itu. (4)Dia asyik bersiul-siul mengiringi kicauan burung kesayangannya. (5)Dia hanya menengok kepada Wahidah yang mukanya merah karena marah. (6)Arman melanjutkan memberi makan burung tanpa menjawab pertanyaan dari Wahidah, istrinya.
Konflik cerita teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (4)
C. (3) dan (5)
D. (4) dan (6)
28. Cermati petikan teks berikut.
Aku sangat menghormatinya karena dia adalah salah satu dosen senior di kampusku. Bagaimana tidak, di usianya yang sudah menginjak 70 tahun dia tetap bugar dan semangat mengajar mahasiswanya. Bahkan tidak jarang dialah orang pertama yang sudah datang di kelas.
Di lab tersebut, di sela aku membuat data pengamatan, mataku selalu tertuju ke arahnya. Pak Lingga begitu serius dengan apa yang dia kerjakan di hadapannya. Sesekali aku mendekatinya, lalu melihat apa yang dia kerjakan.
(https://tambahpinter.com/cerpen-pendidikan/)
Berdasarkan penggunaan sudut pandang petikan teks tersebut, unsur kebahasaan yang digunakan adalah ….
A. Kata penghubung penegasan
B. Kata benda bermakna khusus
C. Kata ganti orang pertama
D. Kata ganti orang kedua
29. Cermati petikan teks berikut.
(1)"Siswa yang meraih peringkat pertama adalah…" ucap ibu wali kelas,
(2)Semua siswa begitu tegang menunggu kelanjutan ucapan dari ibu wali kelas tersebut.
"Zulfikar Al Husein" ucapnya sambil mengarahkan matanya padaku.
(3)Diiringi tetes air mata bahagia dan hasil kerja kerasku belajar selama ini, aku menerima penghargaan ini. Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Itu kalimat yang biasa aku dengar di masyarakat. Alhamdulillah, usahaku tidak sia-sia.
(4)Diriku begitu senang mendengar apa yang disampaikan ibu wali kelas bahwa peraih peringkat pertama akan mendapat beasiswa sekolah di SMA. Anggapanku tentang kejujuran itu memang benar "kalau jujur itu membawa bahagia walau awalnya itu sulit"
Unsur kebahasaan kalimat ekspresif pada petikan teks tersebut ditunjukkan nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
30. Cermati petikan teks berikut.
Setelah semuanya siap untuk pulang, keadaan kelas begitu senyap. Semua diam karena mereka tahu guru kewarganegaraan ini sangat tidak suka sekali kelas yang gaduh. Bahkan saking heningnya, suara motor dan kendaraan lain di jalan yang berjarak lebih dari 100 meter dari sekolahku terdengar. Tiba-tiba pak guru memecah keheningan dengan mengajukan pertanyaan kepada kami.
Petikan teks tersebut menggunakan unsur kebahasaan ….
A. Kalimat tak langsung
B. Kalimat deskriptif
C. Kalimat langsung
D. Kalimat ekspesif
31. Cermati teks berikut.
(1)Indonesia telah dikenal luas di mata dunia sebagai negara yang menjunjung tinggi budaya, keramahan, dan sopan santun. (2)Nilai kebudayaan Indonesia yang menjunjung sikap persaudaraan, saling menghormati, dan menghargai sangatlah kental. (3)Namun dalam beberapa tahun terakhir ini budaya keramahan dan sopan santun di Indonesia semakin hilang. (4)Hal ini dapat dilihat dari generasi muda atau siswa yang cenderung kehilangan etika atau sopan santun terhadap teman sebaya, orang yang lebih tua, guru, bahkan terhadap orang tua. Siswa tidak lagi menganggap guru sebagai panutan, seseorang yang memberikan ilmu pengetahuan yang patut dihormati dan disegani.
Kalimat yang mengandung kritik terhadap masalah ditunjukkan kalimat nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
32. Cermati teks berikut.
(1)Kehadiran teknologi informasi menghadirkan realitas baru; sebuah bentuk realitas virtual. (2)Terkait itu, Covid-19 tengah merundung masyarakat, berikut penerapan social distancing (pembatasan sosial) dan kewajiban prokes (prosedur kesehatan). (3)Tidakkah hakikatnya pandemi sejagat ini kian menegaskan keberadaan realitas virtual, selain realitas senyatanya yang kasatmata dan realitas imajiner (dunia imajinasi pemicu kreativitas). (4)Pada umunya, realitas virtual bukanlah tiruan realitas kasat mata dan realitas imajiner.
https://www.kompas.id/baca/gaya-hidup/2021/09/05/lapis-realitas-penyair-kini-tanggapan-atas-hasan-aspahani-dan-binhad-nurrohmat/
Kalimat yang mengandung sanggahan terhadap masalah ditunjukkan kalimat nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
33. Cermati teks berikut.
(1)Aturan dan sanksi yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Bandung tentang keharusan meletakkan tempat sampah di mobil akan berdampak positif. (2)Adanya tempat sampah di dalam mobil akan membuat sopir atau penumpang terbiasa membuang sampah di situ. (3)Jadi, mereka tidak akan membuang sampah ke jalan. (4)Hal ini akan mengurangi sampah di jalanan dan menciptakan lingkungan yang bersih.
Informasi persetujuan atau tanggapan positif pada teks tersebut ditunjukkan kalimat nomor .…
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
34. Cermati teks berikut.
Bagi generasi milenial, pendidikan menjadi ajang untuk meningkatkan keterampilan, kecerdasan, dan prestasi dalam menghadapi persaingan. Tentunya, model pembelajaran mereka tak jauh-jauh dari penggunaan teknologi yang membuat segalanya lebih efektif dan efisien. Faktor tersebut menyebabkan model pembelajaran bergeser dari pembelajaran konvensional yang mengutamakan kegiatan belajar mengajar tatap muka menjadi pembelajaran daring atau online.
Dalam situasi pandemi yang mengharuskan pembelajaran jarak jauh (distance learning) seperti sekarang, pergeseran pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran daring sudah menjadi suatu kebutuhan. Justru dengan semakin banyak pengguna teknologi pada masa seperti sekarang, maka pendidikan di Indonesia semakin berkembang pula.
Simpulan isi teks tersebut adalah ….
A. Generasi milenial menjadikan pendidikan sebagai ajang untuk meningkatkan keterampilan, kecerdasan, dan prestasi dalam menghadapi persaingan.
B. Pembelajaran daring menjadi kebutuhan generasi milenial di era pandemi untuk mengembangkan laju pendidikan di Indonesia.
C. Dalam situasi pandemi banyak siswa yang mengharuskan pembelajaran jarak jauh (distance learning).
D. Pengguna teknologi pada masa seperti sekarang membuat pendidikan di Indonesia semakin berkembang
35. Cermati teks berikut.
Cerpen RSK (Robohnya Surau Kami) ternyata melekat benar di benak beberapa tokoh masyarakat Sumatra Barat. Suatu kali di sebuah desa di Kabupaten Solok diadakan peresmian sebuah surau yang baru selesai dibangun. Saat itu naiklah ke atas mimbar salah seorang penyandang dana pembangunan untuk berpidato. Suwardi Idris, sastrawan Sumatra Barat, yang ikut hadir dalam peresmian itu mengingat benar satu kalimat yang diucapkan si tokoh. "Kalau A.A. Navis menulis cerpen 'Robohnya Surau Kami', sekarang marilah kita menulis cerpen lain dengan judul 'Bangkitnya Surau Kita'," tulis Suwardi dalam "A.A. Navis dan Cerpen Dunia Akhirat" yang menjadi bagian dari otobiografi Navis (hlm. 388). Seorang pembicara lainnya juga ikut berpesan, "Marilah kita gunakan surau ini untuk beribadah secara benar sehingga Ajo Sidi tidak usah datang ke sini menyindir kita."
(dipetik dari "Robohnya Surau Kami dan A.A. Navis yang Dianggap Mengejek Islam", https://tirto.id/cMUT )
Simpulan isi teks tersebut adalah .…
A. Surau adalah tempat ibadah dan tidak boleh digunakan untuk menyindir.
B. Cerpen "Robohnya Surau Kami" mendapat apresiasi bagus di Sumatera Barat.
C. Ajo Sidi penulis cerpen "Cerpen Dunia Akhirat" menyindir isi cepen "Robohnya Surau Kami"
D. A.A. Navis penulis cerpen "Robohnya Surau Kami" sangat digandrungi masyarakat Sumatra Barat.
36. Cermati paragraf berikut.
Sampah merupakan produk yang mau tidak mau akan terus tercipta di roda kehidupan masyarakat modern. Keberadaannya akan terus menghampiri terutama di wilayah-wilayah yang sudah dijangkau oleh industri besar yang membuat produk kemasan yang akan meninggalkan residu tak terpakai; sampah. Salah satu bentuk sampah yang paling memprihatinkan adalah sampah kemasan semacam itu karena biasanya terbuat dari plastik yang tidak dapat terurai oleh tanah.
https://serupa.id/contoh-teks-tanggapan-beserta-strukturnya-kritispujianbudaya-dsb/
Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
A. sampah plastik
B. sampah kemasan
C. daur ulang sampah
D. produk industri besar
37. Cermati teks berikut.
(1)Bukit dijejerkan dengan kekuatan pengarah pandangan sehingga membuat kita ingin menelusuri karya ini lebih jauh lagi. (2)Bagaimana tidak, bukit itu digambarkan dari bagian yang paling dekat yang sangat hijau. (3)Hijaunya bukit itu digambarkan terus menjauh dan memudar hingga akhirnya menjadi kebiruan. (4)Pada akhirnya penggambaran itu mengarahkan kita pada pegunungan di bawah megahnya langit biru yang diselimuti awan putih.
https://serupa.id/contoh-teks-tanggapan-beserta-strukturnya-kritispujianbudaya-dsb/
Kalimat aktif teks tersebut ditunjukkan nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
38. Cermati teks berikut.
(1)Banyak di antara masyarakat yang sedari kecil tertarik pada kebudayaan Korea karena mereka telah mengonsumsi budaya populer dari negeri ginseng tersebut. (2)Bahkan, beberapa di antaranya mampu menguasai bahasa Korea yang tidak mudah untuk dipelajari. (3)Hal itu membuktikan bahwa manfaat yang didapatkan oleh masyarakat sangat besar. (4)Meskipun begitu hendaknya kita mengapresiasi kebudayaan sendiri yang sangat kaya dan beragam.
Konjungsi yang menyatakan sebab pada teks ditunjukkan nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
39. Cermati teks berikut.
(1)Pada akhirnya kita harus mengakui bahwa Korea Selatan telah berhasil menciptakan karya yang unik dan khas sehingga diminati di seluruh dunia, termasuk Indonesia. (2)Fenomena ini mampu mengatasi kesenjangan antara kecintaan budaya sendiri dengan budaya negara luar. (3)Kita sebagai masyarakat Indonesia harus mampu mendongkrak kebudayaan populer Indonesia agar dapat bersaing di kancah internasional. (4)Melalui metode yang sama dengan Korea, budaya populer khas Indonesia akan mengantarkan penikmatnya untuk ingin lebih tahu mengenai berbagai kebudayaan Indonesia lebih dalam lagi.
Kalimat penilaian posiif teks tersebut ditunjukkan nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
40. Cermati teks berikut.
Program Literasi Digital di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 20 September 2021 di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Sambutan positif masyarakat Sulawesi dibuktikan dengan pertanyaan salah satu peserta, Hendriko, tentang tanggapan pemateri terkait siaran TV yang menampilkan unsur ejekan yang berbalut komedi. Tampilan seperti itu sebaiknya tidak ditayangkan dan diganti dengan konten yang tidak menimbulkan stigma atau hal-hal negatif pada masyarakat.
(https://upeks.co.id/2021/09/literasi-digital-sulawesi-2021-tingkatkan-literasi-digital-mulai-dari-sekarang-agar-lebih-bijak-bermedia-sosial/ dengan perubahan)
Kalimat tanggapan positif yang sesuai isi teks tersebut adalah ….
A. Pemateri hendaknya tidak mendukung adanya siaran televisi yang menimbulkan stigma.
B. Program Literasi Digital di Sulawesi akan berimbas pada kesuksesan "Program Literasi Digital" nasional.
C. Sambutan positif masyarakat Sulawesi menyumbangkan dampak negatif pada kemajuan literasi digital Indonesia.
D. Konten dan informasi yang terkesan baru, unik, dan mengedukasi para peserta dalam program literasi digital tersebut tidaklah benar.
41. Cermati petikan teks berikut
Pembahasan
Kedua substansi yang dieksperimenkan ternyata memiliki sifat yang berbeda. Air tidak merusak dan justru membersihkan sebagian debu yang terendap di dalam bulu. Sementara itu, minyak membuat bulu menjadi tidak dapat menyerap air sehingga membuatnya lusuh bahkan rusak. Untuk lebih lebih jelasnya, berikut adalah pemaparan hasil analisis terhadap tingkat kerusakan bulu yang tercelup ke dalam air dan minyak.
1) Air terserap ke dalam bulu dan tidak merusak, tetapi mampu membersihkan atau menyegarkan kembali bulu saat telah kering.
2) Minyak menyebabkan air tidak dapat terserap oleh bulu dan membuatnya rusak.
3) Bulu yang tercelup di air berminyak dapat sedikit dibersihkan, tetapi tidak bisa kembali ke bentuk semula.
Informasi terkait teks laporan percobaan yang dapat ditemukan dalam petikan teks tersebut adalah ....
A. Tujuan percobaan tingkat kerusakan bulu yang tercelup ke dalam air dan minyak
B. Alat dan bahan yang digunakan untuk percobaan tersebut.
C. Langkah-langkah percobaan yang harus dilakukan
D. Kajian teori tentang hal-hal yang diuji coba
42. Cermati petikan teks berikut.
Pembahasan
Pada percobaan di atas, besar energi kinetik (Ek) dapat dihitung karena ada data tentang panjang tali, jauh simpangan dan waktu ayun. Dari hasil perhitungan, Ek terbesar pada bandul dengan panjang tali 50 cm dan 70 cm ada pada simpangan 20 cm. Semakin besar simpangan akan semakin besar jarak ayun, tetapi semakin besar simpangan waktu ayun menjadi lebih lama. Ek terbesar terdapat pada bandul yang berada pada panjang tali 70 cm dan simpangan 20cm. Sedangkan Ek terkecil terdapat pada bandul dengan panjang tali 50 cm dan simpangan 40 cm. Hal ini disebabkan karena semakin dekat jarak bandul dengan lantai maka kecepatan bandul akan semakin besar. Dengan berat bandul yang sama, maka keadaan tersebut akan mempengaruhi besarnya Ek. Seharusnya Ek terbesar adalah saat bandul pada posisi setimbang yaitu saat jarak bandul ke lantai adalah paling dekat, sehingga kecepatannya juga yang paling besar. (Sumber: neuhauslab.com)
Simpulan gagasan teks tersebut adalah ....
A. Semakin besar simpangan akan semakin besar jarak ayun, tetapi semakin besar simpangan waktu ayun menjadi lebih lama.
B. Berat bandul yang sama, maka keadaan tersebut akan mempengaruhi besarnya Ek.
C. Hasil perhitungan, Ek terbesar pada bandul dengan panjang tali 50 cm dan 70 cm ada pada simpangan 20 cm.
D. Besar kecilnya energi kinetik (Ek) dapat dipengaruhi oleh berat bandul, panjang tali, jauh simpangan dan waktu ayun.
43. Cermati petikan teks berikut.
Percobaan Perubahan Energi
Langkah kegiatan
(1) Ambil selembar kertas dan gambarlah seperti contoh.
(2) Guntinglah mengikuti garis sehingga menyerupai spiral
(3) Lubangi salah satu ujung kertas
(4) Ikat dengan benang, panjang benang sekitar 50cm.
(5) Ikatkan ujung yang lain pada pensil.
(6) Nyalakan lilin, letakkan kertas spiral di atas api.
(7) Jaga jarak supaya tidak terbakar.
Apa yang terjadi jika kertas spiral ditempatkan di atas api lilin?
https://padang.tribunnews.com/2021/08/26/laporan-kegiatan-percobaan-perubahan-energi-kertas-spiral-kunci-jawaban-tema-2-kelas-4-halaman-54
Simpulan alat/bahan yang diperlukan dalam teks percobaan tersebut adalah ....
A. Kertas, kapur, gunting, pelubang, lilin, per
B. gambar, alat tulis, gunting, paku, lilin, korek api
C. lembaran, alat tulis, gunting, pisau, lilin, api
D. Kertas, pensil/spidol, gunting, pelubang, lilin, korek api
44. Cermati petikan teks pidato persuasif berikut.
Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari globalisasi, salah satu manfaat tersebut adalah kemudahan komunikasi tanpa batas. Saya yang berada di Indonesia, dengan mudahnya bisa menghubungi universitas di Amerika untuk menanyakan informasi seputar beasiswa di sana. Jauh lebih mudah, murah, dan cepat. Selain itu, globalisasi juga dapat merangsang kita berpikir secara terbuka dan tidak picik. Kita jadi menyadari dunia ini terdiri dari banyak sekali bangsa, bahasa, dan kebudayaan yang berbeda. Kita pun jadi lebih bisa menghargai keberadaan mereka yang berbeda latar belakang. Tiga hal tadi merupakan contoh dari efek positif yang bisa kita dapatkan dari globalisasi. Sayangnya, kita juga tidak dapat menghindari efek negatif yang terjadi. Salah satu pengaruh buruk globalisasi adalah banyaknya informasi yang tidak tersaring. Kita memang bisa lebih mudah mendapatkan info yang dibutuhkan, tapi kita juga jadi lebih mudah mendapat info yang negatif. Ini adalah tantangan, terutama bagi generasi muda. Bagaimana caranya kita bisa memanfaatkan teknologi tanpa terjebak dengan pengaruh buruknya.
Pendapat berikut yang mencerminkan kesesuaian isi teks tersebut adalah .…
A. Wawasan anak muda hendaknya lebih luas karena di era globalisasi banyak kemudahan untuk komunikasi.
B. Anak muda harus mensyukuri adanya globalisasi karena semua informasi dapat kita terima dari internet.
C. Anak muda harus mampu memfilter kebudayaan mana yang dapat kita ikuti dan mana yang harus ditinggalkan.
D. Anak muda harus mengetahui dampak positif dan negatif adanya globalisasi kemudian memfilternya sesuai kebudayaan yang sesuai di indonesia.
45. Cermati ilustrasi berikut.
Salah satu siswa berpidato di depan para guru dan teman-temannya, dia berharap bahwa segala kesalahan dimaafkan. Dia juga mengharapkan kritik dan saran dari hadirin.
Gagasan pidato sesuai ilustrasi tersebut yang tepat adalah ....
A. Kalau ada sumur di ladang boleh kita numpang mandi. Jika ada umur panjang insyaallah kita kan bertemu lagi. Jika ada salah kata hari ini maafkan jangan sampai tersimpan sampai nanti.
B. Kalau ada sumur di ladang boleh kami numpang mandi. Jika ada umur panjang bolehlah bersua lagi. Kritik dan saran semoga mampu menjadi penggugah kami menjadi lebih baik lagi.
C. Tidak ada gading yang tak retak, begitu kata peribahasa. Jika dalam sambutan ini banyak kekurangan, saya minta maaf kepada hadirin. Akhirnya saya akhiri pidato ini dengan ucapan, wassalamualaikum wr. wb.
D. Tidak ada gading yang tak retak, begitu kata peribahasa. Jika dalam sambutan ini banyak kekurangan, saya minta maaf kepada hadirin. Kritik dan saran dari hadirin guna kebaikan kita semua sangat saya harapkan. Akhirnya saya akhiri pidato ini dengan ucapan, wassalamualaikum wr. wb.
46. Cermati kutipan teks pidato persuasif berikut.
Penggunaan plastik yang semakin marak menjadi masalah lingkungan yang tidak kunjung usai. Plastik adalah bahan anorganik yang tidak ramah lingkungan. Hal ini disebabkan sifat plastik yang tidak mudah hancur dan terurai oleh tanah. Butuh waktu beratus-ratus tahun hingga plastik terurai dalam tanah.
Simpulan prediksi berdasarkan teks tersebut yang tepat adalah ....
A. Penggunaan plastik akan digantikan oleh benda yang berbahan nonplastik.
B. Limbah plastik sulit diuraikan oleh tanah lama-lama akan menjadi gunung sampah di beberapa tempat.
C. Banyak pengunjung pasar modern yang disarankan membawa kantong bahan ramah lingkungan atau membayar 500,- sebagai sumbangan kerusakan alam
D. TPS 3R (reduce, reuse, and recycle) akan dibangun untuk mengolah sampah yang menggunakan inovasi teknologi mesin pencacah sampah
47. Cermati teks berikut.
Banyak yang berpendapat bahwa handphone dapat memberikan kerugian bagi banyak pihak. Hal tersebut disebabkan orang yang sudah menggunakan handphone akan menjadi lupa akan waktu, dan menghabiskan kegiatannya hanya untuk bermain handphone, baik untuk bermain game maupun untuk kegiatan lain. Namun, penilaian di atas tidak sepenuhnya benar. Handphone sebagai salah satu alat komunikasi dapat membantu menghubungkan individu yang letaknya berjauhan dengan individu yang lainnya. Terbukti sekarang pembelajaran daring juga menggunakan handphone
Pernyataan berikut yang sebanding dengan isi teks tersebut adalah ….
A. Tanaman hidrooraganik sangat menguntungkan karena dihasilkan dari pemutaran limbah air kolam ikan.
B. Listrik memang perlu hemat, tetapi menggunakan lampu redup untuk belajar tidaklah menguntungkan.
C. Operasi pasar tradisional hendaknya dihentikan karena penularan covid diakibatkan oleh kerumunan masyarakat saat bertransaksi.
D. Pemanfaatan air limbah wudu untuk kolam ikan memang bagus, tapi hasil yang didapatkan tidak sebanding dengan biaya perwatannya.
48. Cermati teks berikut.
Setelah bergelut dengan kemacetan akhirnya mereka sampai pada tujuan. Mereka telah telat 30 menit. Dan ini membuat mereka semua was was. Ketika mereka sampai di ruangan lomba hanya tinggal beberapa peserta yang belum tampil, mereka masih mendapat kesempatan untuk tampil walau urutan terakhir. Mereka bersyukur tidak di-drop out. Tiba giliran mereka tampil mereka memberikan penampilan terbaik yang mereka miliki dan itu semua tidak sia sia. Pada sesi pengumuman pemenang, ternyata merekalah yang mendapat juara pertama.
https://dosenpintar.com/contoh-cerpen-singkat/
Karakter tokoh pada teks tersebut adalah ….
A. suka pamer dan sombong
B. sungguh-sungguh dan posesif
C. pantang menyerah dan kompak
D. pandai bekerjasama dan obsesif
49. Cermati teks berikut.
"Permisi, Pak. Saya Boleh masuk?" izin Nathan kepada bapak direktur yang memimpin pertemuan.
"Silakan masuk, tapi maaf proyekmu digantikan oleh saudara Arkan."
"Kenapa, Pak? Saya hanya telat 15 menit."
"Maaf saudara Nathan ini bukan masalah lama atau tidaknya Anda terlambat, namun ini tentang kekonsistenan Anda dalam bekerja." Jelas bapak direktur dengan tegas.
Langsung seketika Nathan hanya bisa terdiam dengan wajah pucatnya. Setelah pertemuan ini selesai Nathan berjalan gontai pergi menuju meja kerja miliknya.
Unsur intrinsik yang muncul pada teks tersebut adalah ….
A. alur dan tema
B. latar tempat amanat
C. amanat dan penokohan
D. karakter dan latar waktu
50. Cermati teks berikut.
Keesokan harinya setelah ia kembali ke ibu kota dan masuk kantor, ia dipanggil atasannya.
"Apa yang kamu lakukan, Roni? Kenapa kamu tidak menghadiri pertemuan itu?" tanya atasan Roni.
"Saya tidak bisa bangun pagi jika tidak dibangunkan ibu saya, Pak," jujur Roni.
"Saya kecewa kamu menyepelekan tugas dari saya dan merusak kepercayaan saya, kesalahanmu fatal. Namun, karena kamu telah banyak membantu perusahaan saya, saya tidak akan memecat kamu. Namun maaf, kamu harus turun jabatan," tegas atasan Roni.
https://dosenpintar.com/contoh-cerpen-singkat/
Pernyataan berikut yang sesuai dengan amanat cerita tersebut adalah ….
A. Pentingnya berkata jujur itu seperti pentingnya air dalam tubuh.
B. Pekerja yang dirumahkan belum tentu karena memiliki kesalahan yang fatal.
C. Kepercayaan yang hilang itu seperti kertas yang diremas menjadi kusut dan tak pernah lagi sempurna.
D. Jabatan bukanlah segalanya, tetapi tanpa jabatan kita bukan apa-apa.
Comments
Post a Comment