Skip to main content

CONTOH TEKS LAPORAN HASIL PERCOBAAN

 Berikut adalah contoh teks laporan hasil percobaan yang lengkap dan sesuai struktur:


I. Judul:

Percobaan Membuat Larutan Gula dengan Konsentrasi Berbeda


Tujuan Percobaan:

Untuk mengetahui pengaruh jumlah gula terhadap kejernihan dan rasa larutan.


Alat dan Bahan:

  • 3 gelas bening

  • Air matang (300 ml)

  • Gula pasir

  • Sendok teh

  • Alat pengaduk (sendok atau stik es krim)

  • Label penanda (A, B, C)


Langkah-Langkah Percobaan:

  1. Siapkan tiga gelas bening dan beri label A, B, dan C.

  2. Tuang 100 ml air ke masing-masing gelas.

  3. Tambahkan gula pasir ke dalam gelas sesuai ketentuan:

    • Gelas A: 1 sendok teh

    • Gelas B: 2 sendok teh

    • Gelas C: 3 sendok teh

  4. Aduk masing-masing larutan hingga gula larut sepenuhnya.

  5. Amati kejernihan dan rasa setiap larutan.


Hasil Percobaan:

Gelas Jumlah Gula Kejernihan Rasa Larutan
A 1 sdt Jernih Manis ringan
B 2 sdt Jernih Manis sedang
C 3 sdt Agak keruh Sangat manis

Pembahasan:

Dari percobaan, terlihat bahwa semakin banyak gula yang ditambahkan, rasa larutan menjadi semakin manis. Pada gelas C, mulai terlihat sedikit kekeruhan, menandakan larutan hampir jenuh. Ini menunjukkan bahwa pelarut (air) memiliki batas kemampuan melarutkan gula. Jika melebihi batas tersebut, gula tidak akan larut sempurna dan dapat membentuk endapan.


Kesimpulan:

Semakin tinggi konsentrasi gula dalam air, maka rasa larutan akan semakin manis. Namun, jika jumlah gula terlalu banyak, larutan bisa menjadi jenuh dan tidak seluruh gula dapat larut sempurna.


II. Judul Percobaan:

Membuat Lampu Lava Sederhana


Tujuan Percobaan:

Menunjukkan reaksi kimia antara tablet effervescent dan minyak dalam menciptakan efek seperti "lava" dalam botol.


Alat dan Bahan:

  • 1 botol plastik bening (ukuran 600 ml)

  • Air (sekitar 100 ml)

  • Minyak goreng (±400 ml)

  • Pewarna makanan (opsional, warna merah atau biru)

  • Tablet effervescent (seperti Antasida)


Langkah-langkah Percobaan:

  1. Tuangkan air ke dalam botol hingga sepertiganya terisi.

  2. Tambahkan minyak goreng hingga hampir penuh. Diamkan hingga air dan minyak terpisah.

  3. Teteskan pewarna makanan ke dalam botol (pewarna akan bercampur dengan air, bukan minyak).

  4. Masukkan satu tablet effervescent ke dalam botol dan amati reaksinya.

  5. Jika reaksi berhenti, tambahkan tablet lagi untuk melihat efeknya kembali.


Hasil Percobaan:

Setelah tablet effervescent dimasukkan, muncul gelembung-gelembung udara yang membawa pewarna ke atas dalam bentuk gelembung. Gelembung tersebut naik, lalu pecah di permukaan dan warna kembali turun. Proses ini menciptakan efek seperti lava yang naik dan turun di dalam botol.


Pembahasan:

Reaksi terjadi karena tablet effervescent bereaksi dengan air, menghasilkan gas karbon dioksida (CO₂). Gelembung gas ini membawa air berwarna ke atas melalui lapisan minyak. Karena air lebih berat daripada minyak, warna kembali turun setelah gelembung pecah. Inilah yang menciptakan efek visual mirip lava.


Kesimpulan:

Percobaan menunjukkan bahwa reaksi kimia sederhana dapat menghasilkan efek visual menarik. Perbedaan massa jenis antara air dan minyak, serta reaksi pembentukan gas dari tablet effervescent, menghasilkan gerakan gelembung seperti lava.

Comments

  1. Keren pak,terus semangat pa.
    Saya andika dari kelas 9a

    ReplyDelete
  2. Makasih pak atas Contohnya

    ReplyDelete
  3. Sangat mantap keren bermanfaat pak sribudi, sy halwah elifa kls 9E

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Download Gratis: Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) Sekolah

Oleh: SBS Valid Pengertian RKJM Sekolah Rencana Kerja Jangka Menengah Sekolah, atau disingkat RKJM , adalah dokumen perencanaan strategis yang disusun oleh satuan pendidikan untuk jangka waktu empat tahun ke depan. RKJM memuat arah kebijakan dan strategi pengembangan sekolah sebagai acuan dalam mencapai visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah yang telah ditetapkan. RKJM menjadi pedoman penting dalam menyusun program dan kegiatan tahunan sekolah melalui Rencana Kerja Tahunan (RKT) . Artinya, RKJM tidak hanya menjadi dokumen perencanaan statis, tetapi juga menjadi landasan operasional yang mengarahkan langkah-langkah manajemen sekolah secara sistematis, terukur, dan berkelanjutan. Tujuan Penyusunan RKJM Sekolah Penyusunan RKJM memiliki beberapa tujuan strategis, yaitu: Menjabarkan visi, misi, dan tujuan sekolah dalam bentuk program dan kegiatan yang realistis dan terukur. Menentukan prioritas pengembangan sekolah berdasarkan analisis kondisi riil dan kebutuhan mendesak. Men...

Kerjakan 20 soal tentang Bahasa Indonesia untuk kelas 9 semester genap Kurikulum Merdeka (Kurmer) berikut ini!

  Pilihan Ganda: Di bawah ini yang bukan termasuk jenis teks narasi adalah… a. Cerpen b. Novel c. Puisi d. Legenda Teks eksposisi bertujuan untuk… a. Menyampaikan informasi secara rinci b. Menceritakan suatu peristiwa c. Mengungkapkan pendapat pribadi d. Menyampaikan informasi yang mengandung persuasif Contoh kalimat yang menggunakan kata depan "di" dengan benar adalah… a. Aku pergi di sekolah b. Mereka tinggal di desa c. Buku itu ada di rumah saya d. Dia berada di luar rumah Ciri-ciri teks prosedur adalah… a. Mengandung urutan kejadian yang bersifat fakta b. Menggunakan bahasa yang bersifat naratif c. Mengandung langkah-langkah yang sistematis d. Menggunakan bahasa yang penuh dengan ekspresi pribadi Berikut ini yang merupakan contoh kalimat pasif adalah… a. Dia membaca buku di perpustakaan b. Buku itu dibaca oleh dia c. Saya menulis surat untukmu d. Mereka berlari ke sekolah Kata "mengagumi" adalah contoh bentuk kata… a. Verba transitif b. Verba intransitif...

Hubungan Kegiatan Ngeblog dengan Kegiatan Literasi Siswa Kelas 9 SMP

  Oleh: SBS Valid Di era digital saat ini, kegiatan menulis tidak hanya terbatas pada media cetak, seperti buku dan majalah, tetapi telah berkembang ke dunia maya melalui blog atau platform daring lainnya. Salah satu aktivitas menulis digital yang kini semakin populer adalah ngeblog . Ngeblog adalah kegiatan membuat dan mengelola blog, yaitu media daring tempat seseorang bisa membagikan ide, cerita, opini, dan informasi kepada publik. Bagi siswa kelas 9 SMP, kegiatan ngeblog ternyata memiliki hubungan erat dengan pengembangan literasi , khususnya literasi baca-tulis.