Skip to main content

Tabel Program Rencana Hidup Siswa Setelah Lulus SMP

Berikut adalah contoh tabel program rencana hidup ke depan siswa setelah lulus SMP. Tabel ini dapat membantu siswa merencanakan langkah-langkah setelah menyelesaikan pendidikan di tingkat SMP untuk mencapai tujuan mereka di masa depan.


Tabel Program Rencana Hidup Setelah Lulus SMP

No Aspek/Area Rencana Langkah Waktu Pelaksanaan Tujuan/Jangka Panjang
1 Pendidikan Lanjutan - Memilih sekolah lanjutan: SMA/SMK- Menentukan jurusan yang sesuai dengan minat 1 bulan setelah lulus SMP Menyelesaikan pendidikan tingkat SMA/SMK sesuai dengan jurusan pilihan
2 Pengembangan Diri - Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah- Mengembangkan minat dan bakat Setiap tahun di SMA/SMK Menjadi pribadi yang terampil, kreatif, dan memiliki prestasi di luar akademik
3 Keterampilan Khusus - Mengikuti kursus atau pelatihan (bahasa asing, komputer, desain, dll.) 6 bulan setelah lulus SMP Menguasai keterampilan tambahan yang mendukung karier atau pendidikan lebih lanjut
4 Karier dan Pekerjaan - Menentukan minat karier: apakah ingin bekerja part-time atau fokus pada pendidikan Setelah lulus SMA/SMK Mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja atau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi
5 Keuangan Pribadi - Belajar mengelola uang pribadi dengan menabung dan merencanakan anggaran 1 tahun setelah lulus SMP Mengelola keuangan dengan bijak untuk mencapai kemandirian finansial
6 Kesehatan dan Kebugaran - Menjaga pola makan sehat dan rutin berolahraga- Mengatur jadwal tidur yang baik Setiap hari setelah lulus SMP Menjaga kesehatan tubuh dan mental agar tetap produktif dan sehat dalam menjalani kehidupan
7 Relasi Sosial - Membangun hubungan sosial yang baik dengan teman, keluarga, dan komunitas Terus-menerus Membangun jaringan yang mendukung kesuksesan pribadi dan profesional
8 Pengembangan Karakter - Meningkatkan kedisiplinan, tanggung jawab, dan empati dalam kehidupan sehari-hari Setiap hari setelah lulus SMP Menjadi individu yang berintegritas tinggi dan memiliki karakter kuat
9 Tujuan Jangka Panjang - Menetapkan tujuan besar seperti kuliah di universitas favorit atau memulai usaha 5-10 tahun setelah lulus SMP Mencapai tujuan besar dalam pendidikan dan karier

Penjelasan Kolom Tabel:

  • No: Nomor urut untuk memudahkan pembacaan.
  • Aspek/Area: Menunjukkan aspek atau area kehidupan yang direncanakan untuk dikembangkan atau dicapai.
  • Rencana Langkah: Langkah-langkah yang akan diambil oleh siswa untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Waktu Pelaksanaan: Waktu atau periode yang ditargetkan untuk melaksanakan langkah-langkah tersebut.
  • Tujuan/Jangka Panjang: Tujuan yang ingin dicapai setelah melaksanakan langkah-langkah tersebut dalam jangka panjang.

Tabel ini bisa dijadikan panduan bagi siswa untuk merencanakan masa depan mereka dengan lebih terstruktur. Setiap rencana dapat disesuaikan dengan tujuan pribadi dan minat masing-masing siswa. Jika ada tambahan yang ingin disesuaikan, beri tahu saja!

Comments

  1. Nama : Karine Fitria Afipah
    Kelas : IXE
    Menurut saya Tabel yang dibikin pak Budi sudah bagus untuk perencanaan progam rencana hidup setelah lulus SMP, karena setiap siswa/i harus memiliki rencana masa depan yang tersusun dengan rapih untuk menargetkan langkah-langkah rencana untuk masa depan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Download Gratis: Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) Sekolah

Oleh: SBS Valid Pengertian RKJM Sekolah Rencana Kerja Jangka Menengah Sekolah, atau disingkat RKJM , adalah dokumen perencanaan strategis yang disusun oleh satuan pendidikan untuk jangka waktu empat tahun ke depan. RKJM memuat arah kebijakan dan strategi pengembangan sekolah sebagai acuan dalam mencapai visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah yang telah ditetapkan. RKJM menjadi pedoman penting dalam menyusun program dan kegiatan tahunan sekolah melalui Rencana Kerja Tahunan (RKT) . Artinya, RKJM tidak hanya menjadi dokumen perencanaan statis, tetapi juga menjadi landasan operasional yang mengarahkan langkah-langkah manajemen sekolah secara sistematis, terukur, dan berkelanjutan. Tujuan Penyusunan RKJM Sekolah Penyusunan RKJM memiliki beberapa tujuan strategis, yaitu: Menjabarkan visi, misi, dan tujuan sekolah dalam bentuk program dan kegiatan yang realistis dan terukur. Menentukan prioritas pengembangan sekolah berdasarkan analisis kondisi riil dan kebutuhan mendesak. Men...

Kerjakan 20 soal tentang Bahasa Indonesia untuk kelas 9 semester genap Kurikulum Merdeka (Kurmer) berikut ini!

  Pilihan Ganda: Di bawah ini yang bukan termasuk jenis teks narasi adalah… a. Cerpen b. Novel c. Puisi d. Legenda Teks eksposisi bertujuan untuk… a. Menyampaikan informasi secara rinci b. Menceritakan suatu peristiwa c. Mengungkapkan pendapat pribadi d. Menyampaikan informasi yang mengandung persuasif Contoh kalimat yang menggunakan kata depan "di" dengan benar adalah… a. Aku pergi di sekolah b. Mereka tinggal di desa c. Buku itu ada di rumah saya d. Dia berada di luar rumah Ciri-ciri teks prosedur adalah… a. Mengandung urutan kejadian yang bersifat fakta b. Menggunakan bahasa yang bersifat naratif c. Mengandung langkah-langkah yang sistematis d. Menggunakan bahasa yang penuh dengan ekspresi pribadi Berikut ini yang merupakan contoh kalimat pasif adalah… a. Dia membaca buku di perpustakaan b. Buku itu dibaca oleh dia c. Saya menulis surat untukmu d. Mereka berlari ke sekolah Kata "mengagumi" adalah contoh bentuk kata… a. Verba transitif b. Verba intransitif...

Hubungan Kegiatan Ngeblog dengan Kegiatan Literasi Siswa Kelas 9 SMP

  Oleh: SBS Valid Di era digital saat ini, kegiatan menulis tidak hanya terbatas pada media cetak, seperti buku dan majalah, tetapi telah berkembang ke dunia maya melalui blog atau platform daring lainnya. Salah satu aktivitas menulis digital yang kini semakin populer adalah ngeblog . Ngeblog adalah kegiatan membuat dan mengelola blog, yaitu media daring tempat seseorang bisa membagikan ide, cerita, opini, dan informasi kepada publik. Bagi siswa kelas 9 SMP, kegiatan ngeblog ternyata memiliki hubungan erat dengan pengembangan literasi , khususnya literasi baca-tulis.