Skip to main content

Tabel Program Rencana Hidup Siswa Setelah Lulus SMP

Berikut adalah contoh tabel program rencana hidup ke depan siswa setelah lulus SMP. Tabel ini dapat membantu siswa merencanakan langkah-langkah setelah menyelesaikan pendidikan di tingkat SMP untuk mencapai tujuan mereka di masa depan.


Tabel Program Rencana Hidup Setelah Lulus SMP

No Aspek/Area Rencana Langkah Waktu Pelaksanaan Tujuan/Jangka Panjang
1 Pendidikan Lanjutan - Memilih sekolah lanjutan: SMA/SMK- Menentukan jurusan yang sesuai dengan minat 1 bulan setelah lulus SMP Menyelesaikan pendidikan tingkat SMA/SMK sesuai dengan jurusan pilihan
2 Pengembangan Diri - Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah- Mengembangkan minat dan bakat Setiap tahun di SMA/SMK Menjadi pribadi yang terampil, kreatif, dan memiliki prestasi di luar akademik
3 Keterampilan Khusus - Mengikuti kursus atau pelatihan (bahasa asing, komputer, desain, dll.) 6 bulan setelah lulus SMP Menguasai keterampilan tambahan yang mendukung karier atau pendidikan lebih lanjut
4 Karier dan Pekerjaan - Menentukan minat karier: apakah ingin bekerja part-time atau fokus pada pendidikan Setelah lulus SMA/SMK Mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja atau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi
5 Keuangan Pribadi - Belajar mengelola uang pribadi dengan menabung dan merencanakan anggaran 1 tahun setelah lulus SMP Mengelola keuangan dengan bijak untuk mencapai kemandirian finansial
6 Kesehatan dan Kebugaran - Menjaga pola makan sehat dan rutin berolahraga- Mengatur jadwal tidur yang baik Setiap hari setelah lulus SMP Menjaga kesehatan tubuh dan mental agar tetap produktif dan sehat dalam menjalani kehidupan
7 Relasi Sosial - Membangun hubungan sosial yang baik dengan teman, keluarga, dan komunitas Terus-menerus Membangun jaringan yang mendukung kesuksesan pribadi dan profesional
8 Pengembangan Karakter - Meningkatkan kedisiplinan, tanggung jawab, dan empati dalam kehidupan sehari-hari Setiap hari setelah lulus SMP Menjadi individu yang berintegritas tinggi dan memiliki karakter kuat
9 Tujuan Jangka Panjang - Menetapkan tujuan besar seperti kuliah di universitas favorit atau memulai usaha 5-10 tahun setelah lulus SMP Mencapai tujuan besar dalam pendidikan dan karier

Penjelasan Kolom Tabel:

  • No: Nomor urut untuk memudahkan pembacaan.
  • Aspek/Area: Menunjukkan aspek atau area kehidupan yang direncanakan untuk dikembangkan atau dicapai.
  • Rencana Langkah: Langkah-langkah yang akan diambil oleh siswa untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Waktu Pelaksanaan: Waktu atau periode yang ditargetkan untuk melaksanakan langkah-langkah tersebut.
  • Tujuan/Jangka Panjang: Tujuan yang ingin dicapai setelah melaksanakan langkah-langkah tersebut dalam jangka panjang.

Tabel ini bisa dijadikan panduan bagi siswa untuk merencanakan masa depan mereka dengan lebih terstruktur. Setiap rencana dapat disesuaikan dengan tujuan pribadi dan minat masing-masing siswa. Jika ada tambahan yang ingin disesuaikan, beri tahu saja!

Comments

  1. Nama : Karine Fitria Afipah
    Kelas : IXE
    Menurut saya Tabel yang dibikin pak Budi sudah bagus untuk perencanaan progam rencana hidup setelah lulus SMP, karena setiap siswa/i harus memiliki rencana masa depan yang tersusun dengan rapih untuk menargetkan langkah-langkah rencana untuk masa depan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Soal PG + Uraian ASAS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1 Tahun 2024/2025 - Latihan ke-2

I. Pilhlah satu jawaban yang paling benar!  1. Teks yang bertujuan mendeskripsikan, memberikan informasi secara faktual dan biasanya ditulis berdasarkan hasil percobaan merupakan pengertian dari .... A. Teks eksposisi B. Teks eksplanasi C. Teks deskripsi D. Teks laporan 2. Bacalah teks berikut ini! Sabun pepaya sangat ramah lingkungan dan mudah dibuat. Selain itu juga terbukti bermanfaat bagi tubuh karena dapat membantu mencerahkan kulit. Sabun ini juga dapat mengurangi munculnya bintik- bintik hitam atau bekas luka. Informasi tersurat yang terdapat dalam kutipan teks tersebut adalah .... A. Sabun pepaya sulit untuk dibuat. B. Pepaya dapat ditemukan di mana-mana. C. Pepaya dapat dibuat menjadi masker wajah. D. Sabun pepaya bermanfaat bagi tubuh karena dapat membantu mencerahkan kulit. 3. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini! - Kasein sebanyak 1 gram dimasukkan dalam tabung reaksi dan ditambah 5 mL etanol kemudian diaduk menggunakan vortex. - Setelah itu, ditambah 1 mLNaOH 40% ...

Pra - Ujian Akhir Semester Bahasa Indonesia - Kelas 9 (Semester Ganjil) - pertama

  Soal PG Kerjakan di SINI ! Soal Uraian Kerjakan pad Kolom Komentar di bawah Postingan Soal! Dan di SINI-GF! I. Pilihlah satu jawaban yang paling benar! 1. Manakah yang merupakan ciri-ciri teks eksposisi? a. Berisi fakta dan informasi b. Mengandung unsur konflik c. Menceritakan kisah fiktif d. Berisi dialog antar tokoh 2. Dalam menulis teks berita, hal yang perlu diperhatikan adalah… a. Imajinasi yang kuat b. Unsur 5W+1H c. Alur cerita yang menarik d. Penggunaan majas 3. Kalimat yang menggunakan kata baku adalah… a. Apotik itu buka 24 jam b. Dia praktek di rumah sakit c. Mereka mengobrol santai d. Sistim kerja yang bagus 4. Manakah yang termasuk kata berimbuhan me-? a. Tertawa b. Berlari c. Menulis d. Terjatuh 5. Jenis paragraf yang meletakkan gagasan utama di awal paragraf disebut… a. Paragraf induktif b. Paragraf campuran c. Paragraf deduktif d. Paragraf naratif 6. Teks yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca disebut… a. Teks deskripsi b. Teks persu...

NILAI Hasil ASAS Ganjil 2425 - Bahasa Indonesia

NILAI Hasil ASAS Ganjil 2425 - Bahasa Indonesia - Kelas IX